Spotify Tunjukan Pola Konsumsi Musik Lewat Fitur “Only You”

access_time 2 minggu yang lalu

Platform streaming musik, Spotify baru saja meluncurkan sebuah fitur baru bernama “Only You“. Dalam fitur ini, para pengguna dapat melihat dan mengetahui bagaimana pola konsumsi musik mereka selama ini.

Layanan streaming ini memang dikenal sering memberikan pengalaman baru bagi para penggunanya. Seperti apa bentuk fitur baru mereka kali ini?

Spotify Rayakan Selera Musik Pendengar yang Unik

Spotify
TechCrunch

Bisa dibilang, fitur “Only You” ini tampak serupa dengan “Spotify Wrapped” yang mereka sajikan setiap akhir tahun. Namun experience kali ini ingin menunjukkan bahwa selera musik setiap orang memiliki perbedaan dan keunikannya masing-masing.

Spotify pun memulainya dengan kalimat “There are over 345 million people streaming music and podcast on Spotify, but nobody listens like you.“. Kalimat ini seakan memberikan apresiasi kepada pendengar dengan selera musiknya yang keren.

Dalam kampanye global yang disajikannya, fitur “Only You” memperlihatkan sejumlah fakta unik tentang pola konsumsi musik yang biasa kita dengar. Pertama ada “My Unique Artist Pair” menunjukkan musisi yang jarang kita dengarkan dalam waktu berdekatan.

Read more:

Spotify
TwistArticle

Selanjutnya ada “My Listening Through Time“, di mana fakta ini menunjukkan tiga era musik yang berbeda dan yang sering kita dengarkan. Ketiga ada “My Unique Genre Combination” yang menunjukkan tiga genre yang sering kita dengar, tapi jarang didengarkan satu orang yang sama.

Dilanjutkan dengan “My Unique Moment“, fakta ini menceritakan kebiasaan kita mendengarkan satu lagu dalam satu waktu yang sama. Misalkan ketika pagi hari lagu yang pertama diputar di Spotify selalu “Hey Mickey” dari Bella Heart.

Terakhir kita dipersembahkan “My Dream Dinner Party“. Pada kategori ini kita diminta memilih siapa musisi yang akan diundang untuk makan malam bersama dengan kita.

Nantinya pilihan musisi pada “My Dream Dinner Party” akan secara otomatis dibuatkan mix playlist spesial dari Spotify.

Di Negara Lain Ada “My Audio Birth Chart”

Spotify

Selain fitur “Only You“, di negara lain Spotify juga menyuguhkan “My Audio Birth Chart“. Mereka mengibaratkan para musisi sebagai zodiak, di mana dapat menggambarkan perasaan dan emosi pendengar saat menikmatinya.

Di dalamnya ada kategori musisi yang paling sering didengarkan selama enam bulan terakhir, musisi yang sesuai dengan sisi emosional pendengar, dan musisi yang baru saja pendengar temukan atau baru pertama kali mendengarnya.

Sayangnya, pengguna Spotify di Indonesia tidak dapat menikmati fitur ini,

_

Sudah coba fitur “Only You” ini? Kalau gue kategori “My Dream Dinner Party” ada PJ Morton, Kings of Convenience, dan Sonic Youth.

close

Spotify Tunjukan Pola Konsumsi Musik Lewat Fitur “Only You”

Search
close