Sneakers Kebanjiran? Ikuti Langkah Ampuh Berikut!

access_time 2 tahun yang lalu

Tentunya gak ada sneakerhead yang mau sepatu kesayanganya menjadi korban ‘banjir’, termaksud lo dan gua pastinya. Namun mengingat sebagian besar dari Jakarta sepertinya terkena banjir dan ada beberapa postingan di akun instagram @indosneakerteam_ yang menunjukan beberapa ‘sneakers‘ yang bermandikan lumpur, artikel ini akan membantu kalian untuk ‘merestorasi sepatu kesayangan lo.

Sebelum mememulai membersihkan sepatu, pastikan lo memiliki peralatan sebagai berikut :

  • Kain microfiber
  • Sikat halus dan kasar
  • Sikat gigi untuk
  • Cairan/sabun pembersih sneakers
  • Weather-proofing spray
  • Mangkok kecil berisi air untuk membilas sikat
  • Apron untuk melindungi pakaian lo
  • Dan sneakersnya jangan lupa

Sekarang ini, ada banyak sekali pilihan ‘cleaning solution‘ atau sabun pembersih yang beredar di pasaran. Biar lo pada gak bingung, gua kasih beberapa yang sudah ‘kredibel’ nih

Jason Markk

Image source : Jason Markk

Pertama kali mulai terdengar di kalangan ‘sneakerhead‘ di tahun 2oo7, brand ini sukes menjadi salah satu cleaning solution pilihan para sneakerhead. Ditahun 2014, Jason Markk membuka “The World’s First Drop-off Sneaker Care Service” yang berlokasi di Little Tokyo Historic District of Los Angeles. 

Crep Protect

Image Source : Crep Protect

Brand ‘cleaning solution‘ memang mulai sedikit lebih terlambat dari Jason Markk, tahun 2012 tepatnya perusahaan ini berdiri. Meskipun demikian, Crep Protect sudah mulai ‘popular’ dikalangan pecinta sneakers. Di tahun 2015, Crep Protect berkolaborasi dengan NBA, sebagai langkah untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand ini

Cara Membersihkan Sneaker Kesayangan Lo

Pada video di atas, team highsnobiety menjabarkan beberapa langkah ‘krusial’ yang harus lo ikuti biar sneakers kesayangan balik jadi kece lagi nih.

Langkah Pertama – Set Up

Pastikan semua barang yang lo perlukan selama proses ‘pembersihan’ bisa terjangkau dengan mudah, dan jangan lupa melepaskan tali sepatu.

Langkah Kedua – Bersihkan Debu/Tanah

Bersihkan noda yang menempel pada bagia sole bawah dan upper dengan memukul sol sepatu ke lantai dan bersihkan sisa noda yang masih melekat dengan sikat atau lap yang agak basah.

Langkah Ketiga – Spot Clean

Jika sepatu lo tidak terlalu kotor, Quick Wipes bisa menjadi solusi untuk membersihkan sneakers lo. Jika setelah spot clean, lo masih merasa kurang bersih barulah lakukan tahap berikutnya.

Langkah Keempat – Deep Clean

Langkah ini patut lo lakukan jika memang setelah tiga langkah diatas belum berhasil menjadikan sepatu lo bersih maksimal. Tahap deep clean ini memang sedikit lebih rumit, tapi cukup ampuh! Siapkan sikat dan basahi sikat dengan air hangat yang sudah lo siapkan, kemudia tuangkan cleaning solution pada sikat yang sudah dibasahi. Sikat bagian upper terlebih dahulu, dan jika ada bagian yang sulit dijangkau dengan sikat besar, silahkan gunakan sikat gigi.

Langkah Kelima – Bilas dan Ulangi

Setelah bagian yang kotor disikat, jangan lupa me-lap bagian tersebut dengan kain microfiber. Bilas juga sikat yang kalian gunakan dan ulangi langkah sebelumnya. Fokuskan pada bagian upper terlebih dahulu yah!

Langkah Keenam – Midsoles

Bagian midsole adalah area berikut yang wajib lo bersihkan setelah bagian upper kinclong, Tips pada bagian ini adalah lo bisa menggunakan sponge yang di basahi air hangat dan tuangkan cleaning solution kemudian arahkan pada bagian yang kotor. Jika masih kurang maksimal, silahkan gunakan sikat

Langkah Ketujuh – Laces

Tali sepatu ini bisa kalian cuci dengan merendamnya dengan air yang sudah dituangkan cleaning solution, lalu disikat.

Langkah Kedelapan – Diamkan selama 1 Malam

Setelah bersih, pastikan lo ‘mendiamkan’ sepatu tersebut selama 24jam.

Langkah Kesembilan – Gunakan Weather-proofing spray.

Nah jika lo menjalankan semua langkah diatas, sneaker kesayang lo akan kembali ‘KINCLONG’, namun jika masih belum puas dengan hasilnya, mungkin lo bisa menggunakan jasa pencuci sepatu yang sudah banyak sekarang ini.

Selamat mencoba!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

close

Sneakers Kebanjiran? Ikuti Langkah Ampuh Berikut!

Search
close