SMS Peringatan Tsunami BMKG Ternyata Kesalahan Sistem!

SMS Peringatan Tsunami, BMKG Ternyata Kesalahan Sistem!
access_time 5 bulan yang lalu

SMS peringatan Tsunami BMKG jadi pembahasan terhangat para netizen Indonesia. Bahkan sampai pukul 11.00, sudah ada 3.700 cuita yang masuk di Twitter.

Ternyata kericuhan tersebut bermula dari sebuah pesan singkat yang berisi peringatan gempa berkekuatan 8,5 M dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

SMS peringatan Tsunami ternyata kesalahan sistem

Viral di Twiiter, para warganet mengunggah tangkapan layar berisi peringatan gempa dari BMKG. Dalam pesan itu, dituliskan “Peringatan Dini Tsunami” di beberapa wilayah seperti Jawa Timur, NTB, Bali, NTT sampai dengan Jawa Tengah.

Selain itu, mereka juga menyebutkan gempa diprediksi berkekuatan 8,5 Magnitudo. “Peringatan Dini Tsunami di JATIM NTB BALI NTT JATENG Gempa Mag:8.5 04-Jun-21 10:14:45WIB Lok:10.50LS 114.80BT Kdlmn:10Km::BMKG” tulis pesan tersebut.

Terkait hal tersebut, BMKG langsung merespon dan menjelaskan bahwa pesan tersebut terkirim karena kesalahan sistem pengiriman tes.

Mohon maaf terjadi kesalahan system pengiriman TEST–Peringatan Dini Tsunami di JATIM, NTB, BALI, NTT, JATENG,…::BMKG,” tulis bunyi pesan berikutnya.

Melansir Detik.com, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Rahmat Triyono juga mengkonfirmasi kesalahan kirim SMS peringatan tsunami tersebut.

Begini respon warganet

Berdasarkan pantauan USS FEED, kejadian ini mendapatkan berbagai macam respon dari netizen Indonesia. Salah satunya adalah @wheeinftme yang mengaku sangat panik. Bahkan dirinya langsung berlari keluar untuk menyelamatkan diri.

Sementara itu, sebagian lainnya justru marah dan mempertanyakan bagaimana kejadian macam ini bisa terjadi.

Udah tanggalnya salah, false alarm juga. Kebayang kalau di gedung lantai 50 pas liat sms ini langsung lari ke bawah, eh pas sampe bawah ternyata semacam prank!

 

close

SMS Peringatan Tsunami BMKG Ternyata Kesalahan Sistem!

Search
close