Siapa Sih Jackson Wang? Musisi yang Berkolaborasi dengan Afgan

access_time 4 bulan yang lalu

Secara mengejutkan, Afgan baru saja merilis single kolaborasinya bersama Jackson Wang. Rupanya, kolaborasi ini berawal dari pertemuan keduanya di belakang panggung saat mengisi acara VLive Awards V Heart di Gocheok Skye Dome, Seoul.

Buat pecinta K-Pop, mungkin sudah familiar dengan sosoknya. Tapi, buat yang tidak mengikuti musik Korea, pasti bertanya-tanya “siapa sih dia?”.

Maka dari itu, yuk kita mengenal lebih jauh tentang kolaborator dari single M.I.A ini.

Siapa Sih Jackson Wang?

Jackson Wang
88rising

Jackson Wang merupakan seorang musisi dan penari kelahiran Hong Kong. Namanya semakin dikenal sejak ia tergabung dalam boyband asal Korea Selatan, GOT7.

Namun, kini dirinya tidak lagi menjadi anggota boyband tersebut dan memutuskan untuk solo karir sebagai rapper. Ia pun juga turut membangun label management sendiri bernama Team Wang untuk mendukung karirnya.

Baca juga:

Perjalanannya sebagai rapper pun terus berkembang, sampai akhirnya Jackson dilirik oleh label musik asal Amerika Serikat, 88rising. Kini dirinya telah bersanding dengan NIKI, Rich Brian, Joji, sampai Stephanie Poetri.

Keputusannya bergabung dengan 88rising pun dinilai tepat. Sejak saat itu karirnya terus meroket dan namanya semakin diperhitungkan di industri musik.

Mantan Atlet Anggar Timnas Hong Kong!

Jackson Wang
BBC

Dibalik kesuksesannya dalam industri musik, siapa sangka kalau Jackson Wang dulunya adalah atlet anggar timnas Hong Kong. Bahkan, namanya menduduki peringkat ke-11 di Olimpiade Remaja Musim Panas 2010 dan berhasil memenangkan Kejuaraan Anggar Kadet dan  Junior Asia pada 2011.

Karirnya sebagai atlet pun rupanya berangkat dari ayahnya. Sang ayah, Wang Ruiji merupakan mantan pelatih anggar timnas Hong Kong dan pernah menjadi pemenang di Asian Games 1978.

Jackson Wang
Giphy

Kesuksesan di dunia olahraga pun menjadi batu loncatan baginya untuk pergi ke Korea. Saat udah lolos audisi dari JYP Entertainment (label yang menaungi GOT7), dirinya sempat ditentang oleh sang ayah.

Akhirnya mereka membuat kesepakatan, Jackson boleh pergi ke Korea kalau ia bisa menjadi pemain anggar terbaik di Asia. Yap, ia berhasil membuktikannya dengan memenangkan Kejuaraan Anggar Kadet dan Junior Asia.

Fasih Berbagai Macam Bahasa

Jackson Wang
JYP Entertainment

Jackson Wang memang benar-benar sosok yang multi-talenta. Selain bisa bernyanyi dan jago main anggar, dirinya juga fasih berkomunikasi menggunakan berbagai macam bahasa.

Ada empat bahasa yang dikuasainya, yaitu Inggris, Kanton, Shanghai, dan Korea. Bahkan dirinya juga sedikit-sedikit bisa bahasa Jepang dan Thailang.

Kemampuan bahasanya ini sudah terlatih sejak ia duduk di bangku sekolah American International School di Hong Kong.

Kolaborasinya dengan Afgan

Melanjutkan karirnya di industri musik, ia baru saja berkolaborasi dengan musisi asal Indonesia, Afgan lewat lagu “M.I.A”. Pertemuan pertamanya di acara VLive Awards V Heart pun berlanjut kepada single kolaborasi mereka ini.

Dengan beat yang catchy, lagu ini punya makna yang cukup dalam. Menceritakan seorang yang tidak akan pergi dari orang yang dicintainya dan akan selalu berada di sampingnya.

Meski begitu, kolaborasi ini dilakukan secara jarak jauh karena situasi pandemi. Jadi seluruh proses produksi sampai shooting video musiknya dilakukan di dua tempat yang berbeda.

_

Dengarkan lagu “M.I.A” yang sudah tersedia di seluruh platform musik digital dan tonton juga video musiknya di YouTube.

close

Siapa Sih Jackson Wang? Musisi yang Berkolaborasi dengan Afgan

Search
close