Apple Kena Denda (Lagi) Gara-Gara iPhone 12, Apa Penyebabnya?

access_time 7 bulan yang lalu

Raksasa teknologi, Apple lagi-lagi dikenakan denda karena produk yang dijualnya sendiri. Yap, ini karena mereka menjual iPhone 12 tanpa menyediakan charger.

Denda ini dijatuhi oleh lembaga perlindungan konsumen di Brasil, Procon-SP. Lantas, apa respon dari produsen iPhone tersebut?

Apple Kena Denda karena Jual iPhone 12 Tanpa Charger

Apple
applestore

Sejak peluncurannya, Apple memang tidak menyertakan charger dan earphone pada penjualan iPhone 12 mereka. Hal ini karena mereka telah memaksimalkan teknologi untuk mengisi daya baterai smartphone tersebut secara wireless.

Dikutip dari The Verge, mereka sengaja menghilangkan dua aksesoris tersebut bukan tanpa alasan. Langkah itu dilakukannya untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan dari aktivitas penambangan sebagai bahan baku charger.

Baca juga:

Apple
The Verge

Alhasil, hal ini cukup merugikan para konsumen yang sudah membeli iPhone 12. Pada akhirnya pihak perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino itu dijatuhi denda sebesar USD 2 juta atau setara Rp 28 miliar karena tidak menyertakan charger di dalam boks penjualannya.

Menurut Procon-SP, Apple telah membuat iklan yang menyesatkan dengan menjual perangkat tanpa pengisi daya, sehingga membuat ketidakadilan.

Masalah pada Produk iPhone Lainnya

Apple
Indie Wire

Rupanya, Procon-SP tidak hanya menemukan masalah pada charger iPhone 12 saja. Mereka juga menyebutkan bahwa iPhone 11 Pro tidak menyelesaikan masalah air.

Selain itu juga terdapat masalah pada pembaruan iOS. Para pengguna mengaku mendapat masalah pada perangkat mereka setelah melakukan pembaruan, namun pihak Apple tidak membantu sama sekali.

Sampai saat ini, pihak Apple belum menanggapi atas denda yang dijatuhkan Procon-SP kepadanya. Meski begitu, mereka masih diperbolehkan untuk mengajukan banding atas denda tersebut.

Wireless Charging

Apple
The Verge

Sebagai perusahaan teknologi yang diminati banyak orang, Apple pun berusaha menghadirkan inovasi mutakhir pada setiap produk terbarunya. Wireless charging jadi salah satunya, membuat pengisian daya menjadi lebih praktis.

Selain menjual kepraktisannya, wireless charging juga membuat pengisian daya pada perangkat iPhone 12 menjadi lebih cepat. Sehingga penggunaan perangkat tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggu daya baterai penuh.

_

Gimana tanggapan Lo?

close

Apple Kena Denda (Lagi) Gara-Gara iPhone 12, Apa Penyebabnya?

Search
close