Shoplifters; Realita Hidup dan Susah Senang Hidup dalam Keluarga

Rekomendasi film Shoplifters; Realita Hidup dan Susah Senang Hidup dalam Keluarga
access_time 1 bulan yang lalu

Rekomendasi film buat lo yang suka film drama!

Rekomendasi film USS Feed weekend kali ini datang dari negeri sakura.

Film rilisan tahun 2018 ini disutradarai oleh Hirokazu Kore-eda yang dikenal piawai mengarahkan film-film bergenre drama.

Sesuai judulnya, Shoplifters berkisah tentang keluarga pencuri. Meski begitu, ceritanya dirangkai dengan begitu ciamik hingga jadi kisah yang intim dan relatable buat penontonnya (meski lo bukan dari keluarga pencuri).

Baca juga: Ali & Ratu Ratu Queens, Rekomendasi Tontonan Buat Weekend!

Shoplifters, rekomendasi film tentang pencurian, penculikan dan keluarga

Suatu malam, Osamu dan Shota mengutil di supermarket. Sepasang ayah dan anak tersebut terbilang lihai ketika melancarkan aksinya. Ini bukan kali pertama melakukan hal serupa.

Maklum saja, penghasilan Osamu sebagai tulang punggung keluarga tak cukup untuk menutup biaya makan sehari-hari. Terlebih dengan adanya enam mulut yang harus ia beri makan tiap hari, termasuk mulutnya sendiri.

Mereka berenam tinggal seatap di rumah kumuh yang mirip gudang.

Meski begitu, tak semuanya punya hubungan sedarah. Mereka baru “mengadopsi” Yuri, bocah kecil yang mereka rawat setelah jadi korban kekerasan orang tua kandungnya.

Seiring berjalannya waktu, Yuri mulai menerima keluarga asing tersebut jadi keluarga barunya. Pada suatu titik, penonton bahkan mungkin lupa bahwa Yuri sebenarnya diculik. Ia bahkan sempat ikut turun tangan ketika melakukan aksi pencurian – yang dikemas hangat dengan sentuhan komedi dari Kore-eda.

Baca juga: 42 Lagu Ini Cuma Bisa Diputar di Radio Setelah Jam 10 Malam

Kenapa lo harus nonton?

Kore-eda berhasil mengaburkan batasan “baik” dan “buruk” lewat kepiawaiannya bercerita.

Sulit buat penonton untuk menghakimi aksi Osamu yang mencuri demi keluarga, ataupun keputusannya untuk membawa Yuri masuk ke rumahnya. Tak ada yang benar-benar salah atau sepenuhnya benar; semua abu-abu di realita kehidupan Kore-eda.

Hingga akhir cerita, Shoplifters akan membuat penonton tersenyum hingga tersayat hatinya berkat tema besar yang mereka bawa: keluarga.

Jika mengutip kata Nobuya, “giving birth automatically makes you a mother?

Apa film drama favorit lo? Let us know in the comments below!

close

Shoplifters; Realita Hidup dan Susah Senang Hidup dalam Keluarga

Search
close