Serangga Purba Aneh Ditemukan di Gunung Salak, Bentuknya Aneh Banget!

access_time 11 bulan yang lalu

Hewan langka ini ditemukan di Gunung Salak, mirip hewan purba

Jika bicara tentang binatang purba, mungkin yang terlintas di pikiran lo adalah dinosaurus. Namun usianya yang sudah ribuan tahun membuat lo yang hidup sekarang ini mustahil untuk melihatnya kembali.

Tapi justru akan luar biasa ketika ada binatang purba yang masih bisa kita lihat sampai sekarang. Hal ini dibuktikan oleh seorang pengguna YouTube bernama Dede Rizma yang memperlihatkan sebuah serangga aneh yang sedang berjalan di atas pohon.

Seperti apa wujudnya?

Serangga Purba di Gunung Salak

Dalam video berdurasi 20 detik, Dede Rizma memperlihatkan video seekor serangga aneh yang sedang bergerak di pohon. Ketika itu, ia menemukannya di Gunung Salak, Jawa Barat.

Sampai saat ini, videonya telah ditonton 700 ribu kali di YouTube. Beberapa orang yang menyaksikannya mengatakan bahwa serangga tersebut baru pertama kali dilihatnya, tapi tidak sedikit juga yang mengatakan sudah sering melihatnya di hutan Kalimantan.

via Flickr

Walah itu banyak di Padang… Hewan itu malam-malam bagian sendi-sendi di kakinya bersinar gitu kayak kunang-kunang. Keren pas malam-malam,” kata salah seorang netizen.

Mungkin buat lo yang tinggal di daerah perkotaan, serangga ini akan terlihat sangat aneh. Namun ternyata banyak yang mengaku di hutan-hutan daerah Sumatera dan Kalimantan serangga ini terlihat berkeliaran.

Trilobite Beetle

via Flickr

Menurut Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serangga ini disebut sebagai Trilobite Beetle atau kumbang Trilobite. Disebut demikian karena serangga ini mirip hewan purba Trilobite.

Kalau melihat ratusan tahun lalu, kumbang Trilobite ini lebih sering terlihat hidup di laut. Namun sekarang hewan ini lebih sering terlihat di hutan-hutan tropis di wilayah India sampai Asia Tenggara.

via Flickr

Menariknya, kumbang ini punya bentuk tubuh yang berbeda antara betina dan jantannya. Jika yang lo lihat dalam video tersebut, itu adalah jenis betina sebab ukurannya akan 10 kali lebih besar dari jantannya.

Kalau bentuk dari jantannya akan terlihat seperti kumbang pada umumnya, begitu juga dengan antena yang ada di kepalanya.

_

Gimana pendapat lo tentang hewan purba ini?

close

Serangga Purba Aneh Ditemukan di Gunung Salak, Bentuknya Aneh Banget!

Search
close