Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Tren Apa Saja yang Terjadi Selama Pandemi?

access_time 5 bulan yang lalu

Tepat hari ini, 2 Maret 2021 satu tahun sudah Covid-19 menginfeksi Indonesia. Pada tanggal tersebutlah pasien pertama diumumkan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Sudah banyak yang kita lalui selama satu tahun pandemi di Indonesia ini. Apalagi banyak banget tren yang tiba-tiba muncul gara-gara pandemi.

Kira-kira, tren apa saja ya yang udah berlangsung di Indonesia selama pandemi?

Kopi Dalgona

satu tahun covid-19
Republika

Mengawali pandemi Covid-19, warga Indonesia terbilang belum siap dengan keadaan seperti ini. Memaksa untuk di rumah aja malah bikin banyak orang tak kehabisan akal mencari aktivitas di dalam rumah.

Membuat kopi Dalgona jadi salah satu kegiatan yang nge-tren di awal pandemi. Terinspirasi dari Korea Selatan, banyak orang yang mulai pamer cara dan hasil membuat Dalgona ala mereka sendiri.

Tapi seiring berjalannya waktu, sepertinya orang-orang udah capek bikin Dalgona dan memilih untuk membuat kopi yang lebih praktis. Alhasil tren ini sudah meluntur dan mungkin hanya bertahan 2-3 bulan saja.

Bersepeda

satu tahun covidd-19
Medcom

Berbeda dengan Dalgona, tren bersepeda sepertinya masih bertahan sampai sekarang. Alasan kesehatan pun mendorong semua orang untuk menjalankan olahraga ini yang sederhana namun banyak membakar kalori.

Alih-alih bikin sehat, bersepeda jadi alasan orang untuk keluar rumah dan bertemu dengan teman. Makanya tren ini mungkin baru kelihatan 2-3 bulan pandemi berlangsung.

Bahkan, berkat Covid-19 nama sepeda Brompton sempat hype di awal tahun. Sampai pada akhirnya kini mulai banyak merek sepeda lain untuk mountain bike sampai road bike.

Investasi Saham

Entah kenapa tiba-tiba media sosial gue diramaikan dengan postingan orang-orang investasi saham. Segala macam sebutan ANTM, TLKM, EXCL, ISAT terus menerus terlintas di mata gue.

Banyaknya waktu kosong yang dimiliki selama pandemi bikin banyak orang tertarik untuk mempelajari hal ini. Ya, mungkin saja ini salah satu cara banyak orang mengalokasikan dana di tengah pandemi yang bikin krisis di berbagai sektor.

Meski tidak semua orang melakukannya, tapi tren ini cukup bertahan lama sampai sekarang.

Thrifting Online

Pandemi bikin aktivitas thrifting jadi gak bisa dilakukan lagi. Hal ini juga karena kita harus menghindari kerumunan supaya tidak tertular dari tempat thrifting.

Alhasil, semua orang sekarang beralih ke thrifting onlineMeski esensi dari thrifting itu sendiri hilang, namun cara ini dirasa paling aman dan praktis dalam situasi ini.

Tapi ingat, barang yang Lo beli secara online juga harus tetap dicuci ketika sudah sampai.

Pamer Hasil Negatif Covid-19 ke Media Sosial

Satu tahun Covid-19
Alodokter

Situasi saat ini emang mengharuskan kita rajin-rajin melakukan SWAB PCR Test untuk mengetahui dan mengantisipasi terinfeksi Covid-19. Hasil tes yang biasanya perlu ditunggu beberapa jam emang bikin deg-degan banyak orang.

Biasanya, kalo hasil tesnya negatif, orang akan dengan bangga mengambil foto hasil tes dan membagikannya ke media sosial. Hasil negatif ini pun seakan menjadi sebuah penghargaan tertinggi seseorang di tengah pandemi.

Tapi tak sedikit juga orang yang pede membagikan hasil positif Covid-19 ke media sosial. Biasanya unggahan tersebut disambungkan dengan edukasi dan minta dukungan.

Cuma di pandemi ini, semua yang negatif itu justru baik.

_

Itu dia beberapa tren yang sudah berlangsung selama pandemi ini dalam rangka memperingati satu tahun Covid-19 di Indonesia.

Baca juga:

close

Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Tren Apa Saja yang Terjadi Selama Pandemi?

Search
close