Samsung Bikin Fitur ‘iTest’, Bisa Ubah iPhone Jadi Android!

Samsung iTest on iPhone
access_time 6 bulan yang lalu

Samsung baru aja merilis fitur baru bernama ‘iTest‘ yang bertujuan untuk memberi sensasi pengalaman memakai device Android Samsung Galaxy pada para pengguna iPhone. Fitur ini memungkinkan pengguna smartphone keluaran Apple tersebut menjajal tampilan UI ponsel saingannya tersebut.

Untuk mengakses fitur ini, pengguna iPhone tinggal mengunjungi website Samsung iTest. Kemudian, cukup scan kode QR di layar, dan voila! Tampilan Android bakal muncul.

iTest biarkan pengguna iPhone merasakan sensasi Android Samsung Galaxy

Website untuk fitur ini berasal dari New Zealand, melansir MacRumors. Dengan memindai QR code di situs itu lewat iPhone, pengguna bisa meng-install sebuah aplikasi web ke Home Screen.

Pengalaman yang Samsung tawarkan lewat fitur ini cukup banyak dan interaktif. Awalnya, pengguna akan merasakan sensasi home screen Samsung, lengkap dengan aplikasi-aplikasi dan pilihan setting. Pengguna bisa buka Galaxy Store, pakai tema, bahkan mengirim pesan dan mengambil gambar pakai fitur kamera dengan tampilan khas Android.

Serunya lagi, pengguna bakal nerima simulasi panggilan telepon yang ngejelasin fitur-fitur di HP tersebut, begitu juga dengan pesan-pesannya. Dalam fitur kamera, pengguna bakal bisa nonton tutorial dari fotografer Logan Dodds yang ngejelasin pilihan fitur fotografinya.

Apakah ini cukup buat ‘merayu’ para iPhone users?

samsung experience on iTest
via MacRumors

Perdebatan antara pengguna kedua merek smartphone itu memang gak ada habisnya. Walau begitu, semuanya tergantung preferensi dan kebutuhan masing-masing. Jadi, anggap aja simulator berjudul iTest ini sebagai seru-seruan, atau mungkin buat ngebantu mereka yang memang mau beralih ke ponsel Android.

iTest Samsung on iPhone
via MacRumors

Dalam fitur ini juga, Samsung memberikan ‘easter eggs‘ ataupun pesan-pesan humor di aplikasi-aplikasinya. Misalnya, penjelasan yang mereka beri di halaman Settings, atau bahkan kontak fake yang membalas dengan ‘ngaco’ saat kita kirim pesan.

Mengutip The Verge, walaupun pengalamannya terbatas, ini adalah teknik marketing yang pintar. Ini jadi salah satu ‘iklan’ yang paling kreatif daripada smartphone lainnya. Apalagi, mengingat upaya ambisius Samsung untuk menarik hati para pengguna iPhone.

Ada yang udah coba?

Baca juga:

close

Samsung Bikin Fitur ‘iTest’, Bisa Ubah iPhone Jadi Android!

Search
close