Monyet Ini Bisa Main Game Berkat Chip Elon Musk!

access_time 3 bulan yang lalu

Startup milik Elon Musk, Neuralink telah berhasil menanamkan chip pada seekor monyet. Hasilnya, hewan yang jadi objek penelitian ini dapat memainkan game dengan pikirannya.

Hal ini diketahui setelah Musk membagikan video tersebut melalui akun Twitter pribadinya. Kok bisa ya hewan itu bermain game?

Seekor Monyet Bisa Main Game Setelah Ditanam Chip Komputer

Dalam video berdurasi tiga menit tersebut, memperlihatkan seekor monyet yang sedang bermain ‘Mind Pong‘. Rupanya hewan tersebut dapat mengontrol permainan tersebut hanya melalui pikirannya.

Musk pun mengklaim kalau saat ini ia bersama Neuralink sedang berusaha mencari cara untuk menggunakan chip tersebut supaya monyet-monyet bisa memainkan game ini satu sama lain.

Baca juga:

Monyet
BBC

Produk @Neuralink pertama akan memungkinkan seseorang dengan kelumpuhan untuk menggunakan smartphone dengan pikiran mereka lebih cepat daripada seseorang yang menggunakan jempol,” tulis Musk.

Kabarnya, chip dari Neuralink ini nantinya akan dapat mengalihkan sinyal dari otak ke motorik atau sensorik tubuh, sehingga dapat memungkinkan orang yang lumpuh bisa berjalan kembali.

Chip Apa Sih yang Ditanam Itu?

Monyet
VOI

Musk pun menjelaskan kalau Neuralink merupakan Fitbit yang dipasang dengan kabel-kabel yang terhubung ke otak. Tujuannya pun untuk meningkatkan kecepatan aliran informasi dari otak manusia ke mesin.

Hadirnya Neuralink ini sendiri berusaha untuk membantu manusia supaya kepintarannya tidak tersaingi oleh artificial intelligence (AI). Hal ini karena manusia saat ini juga sudah diibaratkan seperti ‘cyborg‘, di mana memiliki lapisan digital karena smartphone, laptop, dan aplikasi.

Selain kepada monyet, Musk pun berharap teknologi ini dalam jangka pendek bisa membantu mereka yang lumpuh karena cedera otak atau tulang belakang bisa kembali pulih.

Neuralink Mendapat Kritikan

Dalam merancang sebuah inovasi, tentu ada pihak yang pro dan kontra akan hal ini. Seperti teknologi yang diusung Neuralink, hal ini pun juga mendapat kritikan dari organisasi hak binatang karena menggunakan primata sebagai objek penelitian.

Meski mendapat kritikan, Musk mengaku bahwa dirinya dan Neuralink akan berusaha ekstra untuk merawat monyet tersebut. Mereka akan terus memonitori pola aktivitas saraf dari monyet tersebut.

_

Gimana tanggapan Lo?

close

Monyet Ini Bisa Main Game Berkat Chip Elon Musk!

Search
close