Review Alive, Perjuangan Bertahan Hidup yang Minim Aksi

access_time 1 bulan yang lalu

Apakah Alive bisa disandingkan dengan Train to Busan? *SPOILER ALERT*

Buat pecinta film Korea, Netflix baru saja meluncurkan sebuah film thriller bertema zombie dengan judul Alive. Film ini menghadirkan aksi dari Yoo Ah-in dan Park Shin-hye yang berusaha bertahan hidup dari serangan kanibalisme zombie.

Sebenarnya, film ini sudah tayang di Korea Selatan pada Juni 2020 lalu dan hanya tayang di negara tersebut saja. Untuk mendapatkan penonton yang lebih luas, Alive disajikan lewat Netflix sehingga orang Indonesia juga bisa menontonnya.

Perjuangan Bertahan Hidup

via Netflix

Film ini menghisahkan tentang pria bernama Oh Joon-wo yang diperankan Yoo Ah-in. Ia adalah seorang gamer yang selalu menghabiskan harinya hanya di apartment-nya.

Betapa kagetnya Joon-wo ketika melihat siaran TV menampilkan kekacauan yang ada di kotanya. Semua orang di kota tersebut terserang virus yang mengubah manusia jadi zombie.

via Kincir

Hanya bisa melihat dari balkom apartmentnya, Joon-wo yang sendirian pun harus bertahan diri dan mengisolasi diri dari serangan zombie yang ada di luar. Awalnya yang ia pikir hanya dia yang bertahan hidup, ternyata setelah beberapa hari dan melakukan percobaan bunuh diri, Joon-wo menemukan tanda kehidupan yang lain dari seberang apartmentnya.

Ia adalah Kim Yoo-bin, diperankan oleh Park Shin-hye yang telah menggagalkan percobaan bunuh diri Joon-wo. Pada akhirnya, mereka saling berbagi makanan dan berkomunikasi lewat walkie talkie yang diambil Joon-wo.

Relate dengan Kondisi Pandemi Corona

Alive 2020
via Kincir

Saat menonton, seketika gue merasa apa yang terjadi di film Alive relate dengan kondisi pandemi sekarang. Dimana semua orang diminta untuk mengisolasi diri di rumah, karena situasi di luar sedang tidak kondusif.

Proses bertahan hidup yang Joon-wo dan Yoo-bin lakukan juga sebagai gambaran kita bertahan hidup menghadapi pandemi virus corona. Dengan mematuhi protokol kesehatan, itu adalah salah satu cara untuk bertahan hidup.

Minim Aksi Melawan Zombie

via Kincir

Mungkin jika dibandingkan, Yoo-bin terbilang lebih berani melawan zombie karena ia berani turun dari kamarnya dengan bermodalkan kapak di tangannya, ia melawan kawanan zombie satu per satu.

Namun sayangnya aksi melawan zombie ini pun sangat minim karena pemerannya lebih fokus menghindari aktivitas luar ruangan.

Aksi melawan zombie pun bisa dihitung jari, seperti saat mencari asupan makanan ke unit apartment lain, menyelematkan Yoo-bin, dan lari ke rooftop sebelum dijemput oleh tim SAR.

_

Setelah menonton, rate untuk Alive 7/10.

Buat yang udah nonton, gimana menurut Lo?

close

Review Alive, Perjuangan Bertahan Hidup yang Minim Aksi

Search
close