Ratusan Kotak Misteri Berisi Anak Anjing Mati Ditemukan di China

Ratusan Kotak Misteri Berisi Anak Anjing Mati Ditemukan di China
access_time 3 minggu yang lalu

Kelompok pembela Hak Asasi Hewan menyita ratusan kotak misteri yang berisi anak anjing dan kucing di China

kelompok pembela Hak Asasi Hewan, Love Home menggerebek truk yang mengangkut ratusan kotak berisi anak anjing dan kucing pada 3 Mei lalu oleh. Mereka merekam penggerebekan pada pusat kota Chengdu.

Berdasarkan penemuan tersebut, terdapat 156 kotak anak kucing dan anjing berusia sebulan yang lemas dan kelaparan. Paling parahnya banyak juga yang mati.

Love Home menggerebek truk miliki ZTO Express, perusahaan pengiriman barang dan jasa berbasis China.

Namun belum diketahui secara jelas dari platform mana hewan-hewan ini terjual. Menurut pengakuan kelompok tersebut, mereka sudah memantau ZTO terdekat untuk mengetahui kapan hewan-hewan itu akan tiba.

Hewan peliharaan ini menjadi korban atas kegilaan belanja yang lagi tren dengan sebutan “kotak misteri”.

black and brown long coated small dog on brown wooden crate

Baca juga: Minum Alkohol Merusak Otak, Meski Sedikit? Berikut Faktanya

Pasar kotak misteri

Ketika Love Home menggerebek truk tersebut, tertera dari label pada peti bahwa hewan tersebut dikirim untuk ke pasar kota misteri. Kantor berita pemerintahan Xinhua mengecam perlakuan hewan peliharaan ini sebagai mainan dan menyebut kotak misteri sebagai penodaan.

“Baik pembeli dan penjual harus mulai dari hati mereka, memiliki lebih banyak niat baik dan lebih menghormati kehidupan,” kata Xinhua.

Setelah penggerebekan tersebut usai, perusahaan pengiriman ZTO mengeluarkan permintaan maaf atas kesalahan tersebut. Dalam sebuah pernyataan, ZTO mengatakan bahwa pembeli dan penjual harusnya memiliki niat yang lebih baik untuk menghormati kehidupan.

grey tabby cat beside short-coat brown and white dog

Baca juga: Olivia Rodrigo Rilis Album Perdana Bertajuk Sour!

Bukan pertama kalinya

Gak cuma itu, seminggu setelah penggerebekan pada Chengdu, banyak kotak misterius berisi hewan peliharaan ditemukan lagi pada provinsi Jiangsu.

Menurut pihak yang berwenang, pada lokasi transit ZTO Express Jiangsu, mereka menemukan 13 kotak hewan yang mayoritas sudah mati.

Profesor pemasaran dari Universitas Renmin Beijing, Din Ying mengatakan kotak misteri ini membuat kecanduan. Apalagi kalau hadiah yang ada pada dalamnya merupakan bagian dari seri barang koleksi.

Cara kerja kotak misteri ini adalah konsumen membeli sebuah kotak kecil dan pembeli gak mengetahui isinya. Tren ini kemudian mengubah kotak menjadi bisnis yang bernilai besar.

“Bagi masyarakat yang menginginkan hewan peliharaan, harus sadar tidak boleh mengangkut hewan dengan cara yang tidak manusiawi,” kata seorang pakar dari organisasi non-pemerintah Perlindungan Hewan Dunia (WAP) di China, Evan Sun.

close

Ratusan Kotak Misteri Berisi Anak Anjing Mati Ditemukan di China

Search
close