Program Vaksin Segera Dilakukan, Pemerintah Siapkan 440 Ribu Tenaga Kesehatan

access_time 7 bulan yang lalu

Dalam rangka persiapan program vaksin Covid-19, kini pemerintah tengah mempersiapkan sebanyak 440 ribu tenaga kesehatan untuk membantu kelancaran penyuntikan vaksin. Selain itu juga sebanyak 23 ribu vaksinator juga dipersiapkan menyambut program tersebut.

Hal ini mengingat kesiapan vaksin yang rencananya siap diedarkan pada Januari 2021 mendatang. Seperti apa persiapan para tenaga kesehatan?

Persiapan 440 Ribu Tenaga Kesehatan

program vaksin
via Tirto.ID

Sebanyak 440 ribu tenaga kesehatan kini sedang dipersiapkan pemerintah untuk menyambut program vaksin yang akan segera dilaksanakan. Meski begitu, pihak pemerintah belum kunjung memberikan jadwal kapan program tersebut akan digelar.

Sementara itu, para tenaga kesehatan sejak 5 Desember 2020 kemarin sudah diberikan pelatihan tentang bagaimana alur kerja sampai cara penyuntikan vaksin Covid-19 nantinya. Tercatat pelatihan ini telah diberikan kepada lebih dari 12 ribu orang di 21 provinsi.

program vaksin
via Republika

Tidak hanya itu, pelatihan juga diberikan kepada lebih dari 29 ribu orang tenaga vaksinator. “Artinya, semuanya berjalan sesuai dengan rencana kita dan Insya Allah kesiapan-kesiapan itu kita jaga dari sisi jumlah, proporsional dari semua provinsi akan tercakup,” kata Sekjen Kemenkes, Oscar Primadi dikutip dari CNN Indonesia.

Selain mempersiapkan tenaga kesehatan dan vaksinator sebelum program vaksin, pemerintah juga akan memberikan edukasi awal terlebih dahulu tentang vaksin. Sejauh ini, pihaknya mengedukasi terkait efikasi, keamanan, dan kehalalan.

Edukasi Vaksin Covid-19

program vaksin
via Kompas

Selain pelaksanaan program vaksin, edukasi tentang vaksin ini sendiri juga penting. Pihak pemerintah tetap menkomunikasikan kepada masyarakat kalau protokol kesehatan adalah salah satu cara paling ampuh untuk terhindar dari Covid-19.

Kehadiran vaksin memang sangat dinanti-nantikan banyak orang, karena dinilai jadi nilai tambah dalam menjalankan protokol kesehatan yang lebih aman.

Meski begitu, sejauh ini dalam persiapan program vaksin adalah terhambat dalam geografisnya. Salah satunya di wilayah Indonesia yang terpencil dan pelosok masih kesulitan untuk dijangkau.

_

Sabar ya guys, semoga vaksinnya bisa segera diedarkan ke masyarakat sebentar lagi!

close

Program Vaksin Segera Dilakukan, Pemerintah Siapkan 440 Ribu Tenaga Kesehatan

Search
close