Penipuan Berkedok Twitter Please Do Your Magic Terbongkar Oleh Netizen, Bagaimana Ceritanya?

Penipuan Berkedok Twitter Please Do Your Magic Terbongkar Oleh Netizen, Bagaimana Ceritanya?
access_time 2 minggu yang lalu

Penipuan berkedok Twitter Please Do Your Magic belum lama ini viral. Pasalnya sebenarnya kalimat ampuh itu sering digunakan untuk bisa membantu sesama yang sedang mengalami kesulitan.

Contohnya, saat seseorang akun menemukan pedagang yang sepi dagangannya, biasanya mereka akan membagikan pengalamannya sekaligus menyematkan “Twitter Please Do Your Magic”. 

Setelah itu mereka yang tergerak akan langsung menuju lokasi si pedagang itu. Namun apa jadinya kalau cara itu justru dijadikan kedok penipuan?

Begini cerita penipuan berkedok Twitter Please Do Your Magic

Pertama kali diunggah oleh akun @grumpysfd, dia mengaku kalau ibunya barus saja tertipu orang dan mengalami kerugian yang cukup parah.

Tidak tau harus membantu dengan cara apa, akhirnya dia menggunakan Twitter untuk memposting kue-kue jualanan sang ibu.

Ibu aku adapet orderan besar kue-kue ini tapi tiba-tiba yang order cancel gitu aja, lalu nomor ibu di blokir,” tulisnya.

Seperti biasa, netizen Twitter langsung bergerak dengan cepat dan menanyakan lokasinya. Tidak sedikit pula yang menawarkan bantuan untuk membeli kue-kue tersebut.

Di sisi lain sang pemiliki akun juga menyematkan foto beberapa orang yang disebutkan menerima kue yang sedang dibagi-bagikan.

Namun selang beberapa jam setelah postingan tersebut, kejanggalan mulai tercium. Si pemilik akun diduga mencuri foto-foto kue yang beredar di market place dan menggunakannya untuk meraup keuntungan lewat modus “Twitter Please Do Your Magic”.

Nemu nih di market place, dengan foto yang sama namun dengan akun fb yang berbeda,” tulis @kepaapeek. Sontak netizen lain menjadi terkejut dan turut curiga dengan postingan awal @grumpysfd.

Meski bukti kejanggalan lain terus berdatangan, salah satunya adalah unggahan akun @Indianails yang menyematkan bukit tangkapan layar percakapan seseorang dengan pemilik foto kue di market place.

Identitas asli pemilik akun @grumpysfd terbongkar oleh netizen

Bak FBI, netizen Indonesia yang penasaran dengan pemilik akun yang diduga melakukan modus penipuan cerita sedih itu berhasil mendapatkan data diri akun @grumpysfd.

Bahkan pengguna Twitter lainnya dengan user @millaaoktaviaa membuat sebuah thread dan membongkar siapa identitas wanita itu sebenarnya.

Akhirnya netizen pun mengetahui sosok dibalik akun @grumpysfd adalah Putri Regina Jaya, seorang mahasiswa ilmu hukum semester dua di Universitas Jambi.

Selain foto kue yang dicomot dari marketplace, ternyata foto orang yang disebutnya menerima kue yang dibagikan ternyata juga merupakan hasil comotan dari Google.

Meski demikian, wanita tersebut masih berdalih bahwa dirinya sama sekali tidak tidak melakukan modus penipuan tersebut.

Ya ampun, kok bisa aja kepikiran untu nipu berkedeok model begitu?

Must reads :
 
close

Penipuan Berkedok Twitter Please Do Your Magic Terbongkar Oleh Netizen, Bagaimana Ceritanya?

Search
close