Penemu Benua Antartika Akhirnya Terungkap, Ini Orangnya!

access_time 4 bulan yang lalu

Sebuah studi baru saja mengungkap siapa penemu dari benua Antartika. Menurut laporan tersebut, ada kemungkinan benua ini ditemukan ratusan tahun sebelum penjelajah asal Barat mendeklarasikannya.

Sebab, temuan tentang benua ini sempat menjadi perdebatan dunia bagian Barat tentang Antartika. Lantas siapa sebenarnya yang pertama kali menemukan benua ini?

Benua Antartika Ditemukan Pelaut Kepulauan Pasifik

Penemu Benua Antartika
Unsplash

Para peneliti Selandia Baru mempelajari “Grey Literature“, di mana mereka ingin mencari hubungan antara suku Maori (penduduk pertama Selandia Baru) dan Antartika. Mereka mempelajari catatan lisan, karya seni asli, sampai sumber non-akademis untuk mendapatkan jawaban itu.

Melalui studi tersebut, ada kemungkinan kalau penemu benua Antartika ialah para pelaut dari Kepulauan Pasifik atau yang disebut Pelaut Polinesia. Diperkirakan mereka menemukannya jauh sebelum orang Barat mengklaim penemuannya pada tahun 1820-an.

Read more:

Penemu Benua Antartika
Giphy

Kami menemukan narasi Polinesia tentang pelayaran antar pulau termasuk pelayaran ke perairan Antartika oleh Hui Te Rangiora dan krunya di kapal Te Ivi O Atea, kemungkinan pada awal abad ketujuh,” kata tim peneliti, Priscilla Wehi dikutip dari AFP.

Para peneliti pun meyakini bahwa pelayaran perdana menuju perairan Antartika telah dilakukan oleh penduduk Maori pada abad ke-14. Sebab pihaknya menemukan adanya hubungan antara suku Maori dan Antartika melalui pelayaran tradisional.

Mereka juga berpartisipasi dalam eksplorasi ke Antartika yang dipimpin oleh warga Eropa. Kemudian melalui partisipasi dalam pelayaran, penelitian ilmiah kontemporer, penangkapan ikan, dan banyak lagi selama berabad-abad,” lanjut Wehi.

Perdebatan Siapa yang Penemu Benua Antartika

Penemu Benua Antartika - Pelaut Polinesia
Getty Image

Adapun dijalankannya proyek penelitian ini bukan tanpa alasan. Dalam beberapa tahun lalu, kerap terjadi perdebatan karena orang Barat mengklaim bahwa mereka yang menemukan benua tersebut.

Namun, stigma itu kemudian dapat dipatahkan dengan studi yang telah dikeluarkan peneliti Selandia Baru melalui Journal of Royal Society of New Zealand. Mereka menganggap bahwa Pelaut Polinesia merupakan pelaut terhebat dalam sejarah.

Pencapaian navigasi ini diakui secara luas,” katanya.

Pelaut Polinesia dianggap dapat mengarungi jarak yang dianggap sangat jauh antara pulau-pulau Pasifik. Mereka melintasinya dengan alat transportasi khas penduduk Maori, yaitu kano atau mereka lebih sering menyebutnya dengan waka.

_

Kenapa ya siapa yang nemuin benua Antartika aja diributin, heran.

close

Penemu Benua Antartika Akhirnya Terungkap, Ini Orangnya!

Search
close