Pelihara Kucing Jalanan, Taunya Puma Jaguarundi! Bagaimana Kisahnya?

Pelihara Kucing Jalanan, Taunya Puma Jaguarundi! Bagaimana Kisahnya?
access_time 1 tahun yang lalu

Selamatkan anak kucing dan dipelihara, wanita ini terkejut karena ternyata itu seekor puma liar

Pelihara kucing pastinya menjadi hobi banyak orang, mengingat hewan ini sangat lucu dan menggemaskan. Tapi apa yang terjadi kalau ternyata kucing yang dipelihara ternyata seekor puma liar.

Faktanya kejadian unik macam itu baru saja terjadi pada seorang perempuan di Argentina. Dirinya sangat terkejut setelah mengetahui kucing yang dia selamatkan dan pungut ternyata spesies puma jaguarundi.

Ditemukan di jalanan, Lobo memilih untuk pelihara kucing jalanan itu

Kisah unik ini dibagikan oleh Florencia Lobo. Pada November 2019 silam, saat sedang berjalan bersama saudara laki-lakinya, mereka menemukan kucing kecil di dekat Santa Rosa de Leales, Provinsi Tucuman, Argentina.

Lobo kemudian membawa pulang kedua anak kucing yang ada disebelah kucing dewasa tak bernyawa. Dia juga merawat kucing itu agar bisa sehat. “Kami mengira ini adalah kucing terlantar yang baru dilahirkan,” tuturnya seperti dikutip dari Reuters.

Sayang salah satu diantaranya mati dan hanya tersisa seekor jantan yang kemudian dinamai Tito. Setelah dua bulan, Titio dibawa ke vetenarian untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun mengejutkannya, Dokter hewan meyakini kalau Tito bukan kucing biasa.

Setelah diteliti lebih lama, akhirnya diketahui bahwa Tito adalah Puma Jaguarundi.

Dikembalikan ke habitat aslinya

Jaguarundi sendiri memiliki nama latin Herpailurus Yagouaroundi. Dia bersaudara dekat dengan puma dan memiliki ukuran hampir dua kali kucing rumahan. Tubuhnya cenderung memanjang, namun punya kaki relatif pendek. Moncongnya pendek, kepala kecil, telinga bulat dan ekor panjang. Dia kebanyakan berwarna abu-abu dan merah.

Mengetahui hal itu, Lobo langsung menghubungi organisasi penyelamat hewan setempat, Fundacion Argentina de Rescate Animal. Akhirnya kucing liar yang sempat dipeliharanya, dilepaskan ke cagar alam Horco Molle, di mana sang kucing akan tinggal di habitat aslinya.

Wah, kucingnya lucu banget sih emang. Tapi untung banget ketauannya pas masih kecil, kalau keburu dewasa ngeri juga.

close

Pelihara Kucing Jalanan, Taunya Puma Jaguarundi! Bagaimana Kisahnya?

Search
close