Paus Abu-Abu Cetak Rekor Berenang Lintasi Separuh Bumi!

access_time 4 bulan yang lalu

Mamalia laut, paus abu-abu baru saja berhasil mencatatkan rekor baru. Pasalnya, ikan raksasa tersebut baru saja terlihat di lepas pantai Namibia di pesisir Samudera Atlantik dan lokasi itu sudah jauh dari tempat mereka biasa berkeliaran.

Lantas ini menjadi fenomena langka bagi para peneliti ketika melihat hewan tersebut dapat berenang sangat jauh. Berapa jumlah jarak yang berhasil ditempuhnya?

Paus Abu-Abu Berhasil Berenang Lebih dari 20.000 Kilometer

Paus Abu-Abu
New Scientist

Mengutip New Scientist, seorang peneliti dari Durham University, Rus Hoelzel melacak asal usul paus abu-abu ini melalui sampel jaringan dari kulitnya. Hal ini dapat digunakan untuk memperkirakan sudah seberapa jauh ia berenang,

Setelah dilacak, tim peneliti menyebutkan bahwa mamalia laut itu telah melakukan perjalanan panjang di laut setidaknya 20.000 kilometer. Jika dibandingkan total luas lingkar Bumi adalah 40.000 kilometer, artinya hewan ini telah menjelajahi separuhnya.

Read more:

Alhasil jarak tempuh yang dilalui paus abu-abu ini membuat rekor baru untuk migrasi hewan mamalia apapun. Kalau mamalia darat, rekor terjauh masih dipegang serigala abu-abu yang menjelajar sejauh lebih dari 7.000 kilometer dalam setahun.

Ini benar-benar rekor untuk migrasi di dalam air, jika Anda berasumsi bahwa individu ini memulai hidupnya di Pasifik barat laut dan menemukan jalannya ke Namibia,” kata Hoelzel dikutip dari New Scientist.

Alasan Paus Abu-Abu Bisa Melakukan Migrasi Sejauh Ini

Paus Abu-abu
National Geographic

Rupanya, ada penjelasan pasti terkait paus abu-abu yang dapat berenang mengitari separuh luas lingkar bumi.

Menurut peneliti dari Oregon State University, Daniel Palacios, migrasi terjauh yang dilakukan mamalia laut tersebut dikarenakan perubahan iklim yang menyebabkan banyak perubahan lingkungan di Samudra Arktik.

Palacios sendiri juga meyakini kalau nantinya akan lebih banyak hewan laut yang dapat bermigrasi lebih jauh lagi, jika perubahan lingkungan semakin berdampak terhadap kehidupan mereka.

_

Kayaknya sekarang paus itu butuh istirahat.

close

Paus Abu-Abu Cetak Rekor Berenang Lintasi Separuh Bumi!

Search
close