Parasite ‘Rajai’ Oscar 2020

access_time 1 tahun yang lalu

Jakarta, USS FeedOscar 2020, menjadi ajang ‘histroy making’ bagi film ‘Parasite’. Film besutan Boon Joon Ho berhasil menjadi ‘film asia’ pertama yang berhasil membawa pulang piala Oscar dalam kategori ‘best picture’. Mendapatkan nominasi di kategori Best Picture, Best Director, Original Screen Play, Best Editing, Best Production Design dan Best International Film, pada akhirnya film ini berhasil mendapatkan 4 kategori penghargaan.

Baca Disini : Fakta ‘Parasite’, Film Korea Selatan Pertama yang Masuk Nominasi Oscar

Dominasi Oscar dengan 4 Penghargaan

Seluruh pemain film ‘Parasite’ datang ke acara Oscar yang diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angeles, California, United States. Malam ‘perayaan’ film tersebut dimulai ketika berhasil memenangkan gelar Oscar pertama lewat kategori ‘Best Original Screen Play’.

Best Original Screen Play

‘Terima kasih atas kehormatan hebat ini, menulis naskah merupakan proses yang sepi. Ini yang pertama bagi Korea Selatan‘ – begitu tutur Bong Joon Ho, pada kategori tersebut ‘Parasite’ berhasil mengalahkan Knives Out, Marriage Story, 1917, dan Once Upon A Time in Holywood.

Best International Film

Keberhasilan ‘Parasite’ dilanjutkan dengan mendapatkan piala pada kategori berikutnya, yaitu ‘Best International Film’. Bahkan dirinya juga mengatakan ‘Saya siap minum – minum malam ini’.

‘Parasite’ juga menjadi film pertama yang mendapatkan Oscar untuk film dengan bahasa asing pada kategori tersebut. Lewat kemenangan tersebut, ‘Parasite’ berhasil mengalahkan Les Misérables, Honeyland, Corpus Christi, Pain and Glory.

Best Director

‘Setelah memenangkan ‘Best International Feature‘, saya kira saya sudah tidak akan naik ke panggung lagi dan sudah siap untuk bersantai’- begitu ucap Bong Joon Ho usai mendapatkan penghargaan dalam kategori ‘Best Director’.

Pada kategoi tersebut sutradara film ‘Parasite’ mengalahkan Quentin Tarantino, dia juga menyampaikan bahwa dirinya sangat mengidolakan Martin Scorese. Bong juga pernah menyampaikan pendapatnya bahwa film Asia sudah bisa bersaing dengan film produksi Holywood.

Best Picture

Ini adalah kategori yang paling banyak dinantikan oleh sebagian besar ‘movie enthusiast’, dan sempat muncul bocoran bahwa kategori ini dimenangkan oleh ‘Parasite’ namun cuitan tersebut sudah dihapus.

Akhirnya, bocoran tersebut menjadi kenyataan. ‘Parasite’ menjadi film Asia pertama yang berhasil memenangkan kategori ‘Best Pictures’, dan kemenangan tersebut menjadi penutup yang indah bagi semua orang yang terlibat dengan film tersebut.

Memang harus diakui bahwa film ini memiliki ‘daya tarik’ tersendiri, dan sunggu layak untuk bisa memenangkan ‘Best Picture’. ‘Parasite’ pada akhirnya berhasil memborong 4 piala pada ajang penghargaan tersebut.

 

 

 

 

 

close

Parasite ‘Rajai’ Oscar 2020

Search
close