close

Fakta ‘Parasite’, Film Korea Selatan Pertama yang Masuk Nominasi Oscar

By Stanley Joewono
access_time 1 minggu yang lalu Comments

Parasite yang disutradari oleh Boon Joon-Ho berhasil mendapatkan 6 nominasi penghargaan pada oscar, pencapain tersebut merupakan sebuah gebrakan baru bagi industri per-filman di Korea Selatan. Ini adalah kali pertamanya sebuah film asal negeri ‘Gingseng‘ berhasil masuk ke dalam daftar nominasi oscar.

Keenam nominasi yang didapatkan oleh ‘Parasite‘ adalah Best Picture, Best Director, Original Screen Play, Best Editing, Best Production Design dan Best International Film. Sutradara yang baru saja memenangkan penghargaan sutradara terbaik pada Critics Choice Awards juga menjelaskan bahwa pencapaian tersebut menandakan kendala bahasa sudah berhasil terlewati dengan baik.

Kali ini tim USSfeed akan membongkar beberapa fakta menarik dibalik kesuksesan film ‘Parasite‘, Lets start!

Fakta Menarik ‘Parasite’ yang Belum Diketahui!

1. ‘The Decalcomanie’ adalah Judul Awal dari ‘Parasite’

Kepada salah satu reporter di Holywood, Boon Joon-Ho menjelaskan apa yang di maksud dengan ‘Decalcomanie‘. “Saat anda melihat hasil akhir dari sebuah ‘stiker’, kedua sisi akan terlihat sama dan identik ketika dilihat pertama kali. Namun jika diperhatikan dengan jelas, sebenernya tidak persis. Hal ini menggambarkan sesuatu tentang dua keluarga yang ada di film ini.”

2. Rumah Keluarga Kim

Bagi yang sudah menonton film ini, pasti ingat betul bagimana tampilan lingkungan rumah keluarga Kim. Ternyata fakta mencengangkan adalah semua hal tersebut merupakan sebuah ‘set’. Lewat wawancara dengan ‘GQ‘ , Boon Joon-Ho menyampaikan pujian kepada bagian ‘art derpartement‘.

“Baik rumah, ‘alleyway‘ dan lingkugan tersebut adalah buatan, kita membuat set tersebut diatas ‘tangki air’. Bahkan bagian ‘art departement’ sengaja mengunjungi sebuah kawasan yang akan ‘di-redevelop’ dan dihancurkan untuk bisa mengambil barang seperti pintu, jendela dan piring untuk digunakan dalam set. Hal itu bertujuan agar semua terlihat lebih realistik”.

3. Rumah Keluarga Park

Ternyata rumah yang terlihat begitu ‘wah’ ini juga tidaklah nyata loh! Rumah keluarga Park ini juga merupakan sebuah set yang dibangun pada sebuah tanah kosong di Jenjou, Korea Selatan. Bukan hanya rumah yang dibangun, teryanta mereka juga menggunakan ‘green screen’ pada bagian atas untuk bisa menambahkan lantai kedua secara digital. Masing masing ruangan yang ada dalam rumah ini juga dibangun secara terpisah.

4. Inspirasi Film, Berasal dari Pengalaman Nyata Sang Sutradara

Kevin yang diperankan oleh Choi Woo-shik awalnya berhasil masuk kedalam rumah keluarga Park lewat refrensi temanya untuk menjadi ‘pengajar’ bagi anak pertama dari keluarga Park. Uniknya pada masa mudanya, Boon Joon-Ho ternyata bekerja sebagai ‘pengajar’/guru les pada sebuah keluarga kaya, dan dia sering merasa seperti sedang memata-matai keluarga kaya tersebut.

5. Makanan Baru Bernama ‘Ram-Don’

Makanan ‘ram-don’ ternyata adalah gabungan antara 2 jenis mie instant, yaitu ‘black bean‘ dan ‘spicy seafood‘. Ini sangat popular di segala kalangan masyakarat Korea, pada film ini terlihat Cho Yeo-jeong yang berperan sebagai ibu dari keluarga Park menambahka potongan ‘sirloin‘ untuk menaikan kelas makanan yang identik dengan masyarakat kelas menengah.

Kata ram-don dalam bahasa Korea berarti jjapaguri.

Itu tadi beberapa fakta menarik dari film Parasite, buat yang belum lihat daftar nominasi Oscar 2020 bisa cek disini.

close

Fakta ‘Parasite’, Film Korea Selatan Pertama yang Masuk Nominasi Oscar

close

Subscribe to
our newsletter

Get the best curated lifestyle news.