Ospek IPB Pecahkan Rekor Dunia dengan Buat Animasi Stop Motion!

Ospek IPB Pecahkan Rekor Dunia!
access_time 10 bulan yang lalu

Ospek IPB jadi sorotan karena menggunakan metode unik: pake animasi stop motion!

Ospek IPB (Institut Pertanian Bogor) berhasil menuai respon positif. Sementara gelaran perguruan tinggi lain dibumbui dengan drama, Kegiatan Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB justru jadi prestasi karena mencetak rekor dunia.

Bersama 3.720 mahasiswa baru IPB angkatan 57 (tahun 2020), ospek tersebut diadajan dalam bentuk pembuatan animasi stop motion.

Dengan jumlah partisipan yang begitu banyak, ospek IPB pun berhasil memecahkan rekor dunia Record Holders Republic dengan kategori “The Highest Number of People Participating in Stop Motion Animation.”

View this post on Instagram

[MAHAKARYA AGRIDAYA] Setiap tahunnya MPKMB IPB selalu menghadirkan persembahan di kancah nasional maupun internasional. MPKMB IPB 57 telah berhasil memecahkan rekor dunia oleh Record Holders Republic dengan kategori “The Highest Number of People Participating in Stop Motion Animation” persembahan dari mahasiswa baru IPB University angkatan 57 (Laksamana Agridaya) dan panitia MPKMB 57 dalam menyambut Dies Natalis ke-57 IPB University. Stop-Motion Animation dibagi menjadi 3 bagian, yaitu wajah mahasiswa baru, cerita mahasiswa baru, dan coretan mahasiswa baru. Rekor dunia ini terdiri dari 7.920 foto yang diikuti oleh 3.720 mahasiswa baru IPB University angkatan 57. Rekor dunia digambarkan dengan video stop motion animation yang mengangkat kisah perjuangan mahasiswa baru untuk masuk ke IPB University melalui keberagaman budaya, suku, agama, ras, dan kondisi ekonomi yang menyatukan civitasnya. Video The Highest Number of People Participating in Stop Motion Animation dapat dilihat melalui channel Youtube Multimedia MPKMB IPB dengan link berikut: ipb.link/mahakaryaagridaya #ipb #ipbuniversity #LaksamanaAgridaya #MahakaryaAgridaya #IPBWorldRecord #IPBDigdaya #MPKMBIPB57 @ipbofficial @ditmawaipb @bemkmipb @mpkmbipb

A post shared by IPB University (@ipbofficial) on

Baca juga: Perpaduan Kesegaran Dari Rumah ala Dipha Barus

Animasi stop motion ospek IPB angkat kisah perjuangan IPB

Ketua Pelaksana MPKMB IPB, Arief Rahmat menjelaskan, animasi stop motion ini dibuat dengan menceritakan perjuangan mahasiswa dan keragaman latar belakangnya.

Bukan cuma melibatkan jumlah partisipan yang begitu banyak, jumlah foto yang digunakan untuk membuat animasi tersebut juga tidak sedikit. Arief menyebut, animasi tersebut menggunakan 7.920 foto!

Rekor dunia digambarkan dengan video stop motion animation yang mengangkat kisah perjuangan mahasiswa baru untuk masuk ke IPB University melalui keberagaman budaya, suku, agama, ras, dan kondisi ekonomi yang menyatukan civitasnya,” kata Arief seperti dilansir dari laman IPB.

Sejarah Panjang Lahirnya Institut Pertanian Bogor (IPB) - Tirto.ID

Prestasi ini pun ditanggapi positif oleh Rektor IPB, Arif Satria. Ia berharap, karya iini jadi tren baru untuk diterapkan di masa depan.

Saya yakin bangsa Indonesia akan menjadi bangsa besar, bangsa nomor satu di dunia kalau kita mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang menjadi lompatan-lompatan, berorientasi pada future practice, inovasi yang memberikan solusi,” tuturnya.

Baca juga: Kreator One Piece Ilustrasikan Lookbook Koleksi Terbaru Gucci

Ospek IPB bebas perpeloncoan

Dilansir dari Medcom, Arif Satria menolak adanya praktik perpeloncoan dalam masa pengenalan lingkungan kampus untuk mahasiswa barunya.

Menurutnya, sambutan mahasiswa baru harusnya dilakukan dengan uluran tangan dan keramahan.

Filosofi seperti itulah yang mendasari panitia Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB University saat merancang dan melaksanakan kegiatan yang menjadi agenda awal mahasiswa baru di semua kampus di Indonesia, termasuk di IPB,” tegas Arif, Jumat, 18 September 2020.

Terlebih dalam kondisi pandemi covid-19 ini, para kakak kelas ini dituntut berpikir keras dan berkreativitas agar mahasiswa baru ini benar-benar bisa merasakan nuansa kehidupan kampus IPB yang dirindukan,“ ungkap Arif.

Ospek IPB Pecahkan Rekor Dunia Stop Motion Animation - Medcom.id

Bosan dengan haya hidup yang gitu-gitu aja? Cobain gaya hidup INI!

close

Ospek IPB Pecahkan Rekor Dunia dengan Buat Animasi Stop Motion!

Search
close