­čžćMukbang Adalah Makan Besar, Bener Nggak?

mukbang adalah
access_time 2 minggu yang lalu

Konten tentang makan-makan memang selalu menjadi favorit siapa saja. Apalagi yang menawarkan video tentang makan besar atau serba pedas. Omong-omong soal makan besar, biasanya orang menyebut hal tersebut sebagai definisi dari mukbang adalah. Padahal, makan besar sebenarnya bukan pengertian dari kata tersebut. Lantas, apa sih makna sebenarnya? Berikut adalah ulasan lengkapnya. 

  • Apa itu mukbang?┬á

mukbang adalah
Via: Tribun Pekanbaru

Pertama-tama, kita bahas dulu pengertian dari mukbang. Jadi, mukbang adalah sebuah konten makan-makan yang ditayangkan secara online. Kata ini sebenarnya diambil dari Bahasa Korea yaitu Meoknun yang berarti makan dan Bangsong yang artinya siaran. Uniknya, dalam konten ini selalu melibatkan makanan dalam porsi yang sangat besar. 

  • Awal mula kemunculan mukbang┬á

mukbang adalah
Via: TODAY

Kemunculan mukbang berawal dari sebuah kisah hidup yang cukup sedih. Masyarakat di Korea Selatan tidak terbiasa untuk makan sendiri. Siapa saja yang makan sendiri akan dianggap aneh dan tidak punya teman. Maka dari itu, pilihan terbaik adalah dengan mencari teman makan secara daring. Ia akan mengadakan live atau membuat konten dan diunggah ke media sosial. 

  • Hal menarik dari mukbang

mukbang adalah
Via: DPO International

Seperti yang kita tahu kalau hal menarik dari konten ini adalah makanan yang disediakan selalu porsi yang besar. Selain itu, banyak juga para food vlogger yang mengonsumsi makanan ekstrem seperti serangga, gurita hidup, dan masih banyak lagi. Tak lupa juga, mukbang pasti tak jauh-jauh dari yang namanya ASMR. Bagi yang belum tahu, ASMR adalah Autonomous Sensory Meridian Response yang artinya bunyi-bunyian yang dianggap menenangkan. Biasanya, dalam konten makan-makan seperti ini, para content creator menggunakan microphone khusus supaya suara saat ia mengunyah terdengar sangat jelas. 

  • Sebagai sumber penghasilan besar di Korea┬á

mukbang adalah
Via: Hipwee

Siapa sangka, video mukbang di Korea ternyata sangat laku. Hal ini membuat para youtuber mukbang menerima pundi-pundi yang tidak sedikit. Bahkan, mereka bisa menerima sampai ratusan juta setiap bulannya. 

  • Manfaat mukbang

mukbang adalah
Via: Kumparan

Di balik konten ini, ternyata ada banyak sekali manfaatnya. Contohnya seperti di bawah ini. 

– Memberi informasi tentang kreasi makan dari Korea┬á

Konten satu ini bisa memberikan banyak informasi makanan dari Korea. Bukan hanya dari jenis makanannya, tapi juga cara mengkonsumsinya dan lain sebagainya. 

– Memuaskan nafsu makan seseorang┬á

Manfaat selanjutnya adalah dapat memuaskan nafsu makan seseorang. Ini sangat cocok ditonton oleh orang-orang yang sedang melakukan diet. 

– Penonton bisa belajar Bahasa Korea┬á

Video mukbang yang kebanyakan berasal dari Korea, bisa membuat penonton sambil belajar Bahasa Korea. Cocok banget nih untuk kamu belajar bahasa baru. 

Kerugian mukbang bagi para pelakunya 

mukbang adalah
Via: Dailysia

Para pelaku mukbang ternyata juga akan menerima beberapa kerugian apabila melakukan kegiatan ini secara terus menerus. Berikut adalah contoh-contohnya. 

– Sistem pencernaan bakal terganggu

Masalah pertama adalah sistem pencernaan yang akan terganggu. Menurut ahli gizi bernama Sopiyandi, S.Gz,MPH, sistem pencernaan ini akan terganggu karena makanan tidak dikunyah dengan baik. Hal ini akan membuat perut tidak dapat mencerna makanan dengan baik yang akan menyebabkan perut kembung atau mulas. 

– Penyakit mengerikan lain yang bisa datang kapan saja┬á

Kemudian, penyakit lain yang bisa datang kapan saja. Bisa berupa kolesterol, diabetes, serangan jantung, dan diabetes. Namun, itu semua tidak akan terjadi kalau pelaku makan besar satu ini tetap menjaga kesehatannya. 

Itulah beberapa hal mengenai tradisi makan dari Korea ini. Mulai dari mukbang adalah sampai dengan kerugian untuk siapa saja yang melakukannya. Bagaimana, sudah jelas semuanya?

close

­čžćMukbang Adalah Makan Besar, Bener Nggak?

Search
close