Meksiko Tuduh Zara Ambil Motif Tradisionalnya

Meksiko Tuduh Zara Ambil Motif Tradisionalnya
access_time 4 bulan yang lalu

Label mode Zara, Anthropologie, dan Patowl dituding curi budaya Meksiko pada desainnya

Pemerintah Meksiko menuduh tiga label fashion, termasuk Zara memanfaatkan ciri khas dari sejumlah daerahnya. Tuduhan ini terlampir seara tertulis dari Kementrian Kebudayaan Meksiko yang meminta penjelasan secara terbuka atas desain yang mereka buat.

Dalam serangkaian surat untuk ketiga mereka tersebut, Kementrian Budaya Meksiko meminta “Penjelasan Publik”. Menteri Kebudayaan Meksiko, Alejandra Frausto Guerrero menandatangani surat ini pada 13 Mei.

Mereka juga menunjukkan beberapa item pakaian dari tiga mereka tadi, sebagai contoh pakaian yang mirip dengan buatan pengrajin asli dari wilayaj Oaxaca.

Baca juga: Marilyn Monroe: Fakta di Balik Persona dan Stereotip

Apa saja item-itemnya?

Dalam siaran persnya, Kementrian Kebudayaan mempermasalahkan gaun berbordir midi karya Zara berwarna biru. Ia mengklaim, mereka telah menggambar pada simbol leluhur dan gaun tradisional huipil yang orang-orang mixtec pada San Juan Colorado produksi.

Pada pembuatan tradisionalnya, pengrajin memakan waktu setidaknya satu bulan untuk membuat gaun ini. Kini item tersebut gak terdia lagi pada situs web Zara.

Selain itu, ada juga dugaan perampasan budaya oleh Anthropologie pada celana pendek bersulam buatan mereka. Pemerintah Meksiko mengklaim bahwa barang tersebut, yang harganya hampir $70, menampilkan simbol yang sama dengan komunitas Mixe, Santa Maria  Tlahuitoltepec.

Ada juga kemeja ‘bunga kasual’ Patowl, yang katanya terinpirasi oleh teknir bordir komunitas Zapotec, pada San Antonino Castillo Velasco. Pemerintah menuding bordir buatan tangan ini meniru teknok kompleks atau “Hazme si Puedes”.

/cms/uploads/image/file/650310/3..Carta_de_extran_amiento_Zara_page-0003.jpg

Baca juga: Money Heist Season 5 Siap Tayang, Ini Fakta Menarik yang Harus Lo Tau!

Respon Zara

Dalam sebuah pernyataan ke CNN, perusahaan induk Zara, Inditex, mengatakan bahwa phaknya memberikan penghormatan setinggi-tingginya terhadap budaya, kementrian kebudayaan, dan komunitas Meksiko. Namun mereka juga menambahkan desain yang mereka maksud sama sekali gak sengaja mirip dengan seni orang-orang mixtec, Meksiko.

/cms/uploads/image/file/650311/3_Carta_de_extran_amiento_Patowl_page-0003.jpg

close

Meksiko Tuduh Zara Ambil Motif Tradisionalnya

Search
close