Masyarakat Umum Dapat Vaksin Pertengahan Februari 2021, Ini Kata Menkes

access_time 4 minggu yang lalu

Program vaksinasi COVID-19 sedang berjalan, masyarakat umum sudah menantikan kapan giliran mereka mendapat vaksin. Saat ini pun program vaksin masih berlangsung untuk para tenaga medis terlebih dahulu.

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kalau masyarakat umum akan bisa mendapat vaksin pada pertengahan Februari 2021. Kok bisa lebih cepat ya?

Masyarakat Umum Bisa Dapat Vaksin Februari 2021 Mendatang?

Masyarakat Umum Bisa Dapat Vaksin Februari
via detikNews

Pada Rabu (27/1) lalu, Presiden Jokowi baru saja menerima vaksin keduanya. Setelah itu, ia pun menyampaikan bahwa masyarakat umum akan dapat vaksin pada pertengahan Februari 2021.

Sesuai yang sampaikan di awal, pertama prioritas untuk tenaga kesehatan, dokter, perawat. Kemudian TNI dan Polri, pelayan publik, serta masyarakat nanti berbarengan. Saya kira di Februari pertengahan bisa masuk ke sana,” kata Jokowi dikutip dari Tempo.co.

Hal itu pun didukung oleh pernyataan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti yang mengatakan sudah siap memberikan vaksin kepada masyarakat umum mulai pertengahan Februari 2021.

Kebijakan tahapan itu ditetapkan oleh pusat. Kalau begitu kami harus bersiap-siap, kan data sudah ada,” kata Widyastuti dikutip dari Tempo.co.

Lebih Cepat dari Rencana Menkes

Masyarakat Umum Vaksin Februari
via CNN Indonesia

Sebelumnya pada pidato Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa masyarakat umum bisa mendapatkan vaksin pada wave kedua, yaitu pada April 2021-Maret 2022.

Jika benar akan divaksin pertengahan Februari, maka program vaksinasi ini lebih cepat dua bulan dari rencana. Meski begitu, program vaksinasi akan tetap sesuai dengan tahapan-tahapannya.

Tahap pertama untuk tenaga kesehatan, tahap kedua untuk tenaga layanan publik seperti Polisi dan TNI. Tahap ketiga untuk kelompok lanjut usia, tahap keempat adalah masyarakat rentan.

Setelah kelompok rentan divaksinasi, selanjutnya warga yang dilihat dari status sosial dengan perekonomian rendah. Sampai akhirnya ke semuanya,” tutup Widyastuti.

Update Program Vaksinasi

Masyarakat Umum Vaksin Februari
via BBC

Sampai hari Jumat (29/1) tercatat telah dilakukan vaksinasi kepada 490.000 tenaga kesehatan. Jika semua tenaga kesehatan sudah selesai, akan dilanjutkan dengan tenaga layanan publik termasuk Polisi dan TNI.

Source: Tempo.co, Kontan

_

Kita doakan semoga program vaksin ini lancar dan bisa menyudahi pandemi ini ya!

close

Masyarakat Umum Dapat Vaksin Pertengahan Februari 2021, Ini Kata Menkes

Search
close