Masak Kari Jepang Ala Resto Ternyata Mudah, Ini Tips Anti Gagal!

Masak Kari Jepang Ala Resto Ternyata Mudah, Ini Tips Anti Gagal!
access_time 5 bulan yang lalu

Masak Apa : Masak Kari Jepang Ala Resto

Kembali lagi di segemen Masak Apa. Pada kesempatan ini, USS FEED akan memberikan tips ampuh memasak kari Jepang ala resto yang pastinya mudah untuk diikuti.

Sebelum itu, yuk kenalan dengan sejarah kari di Jepang!

Kari Jepang pertama kali diperkenalkan di negeri sakura pada Era Meiji, sekitar tahun 1868 sampai 1912. Kala itu kari umumnya ditemukan pada masakan Inggris.

Kari dibawa oleh Inggris dari India, yag mana saat itu negara tempat berlokasinya Taj Mahal tengah menjadi daerah jajahannya.

Prajurit Jepang sedang menikmati Kari Jepang
via Old Tokyo

Pada awalnya, kari identik dengna makanan ‘western cuisine’. Namun seiring perkembangan waktu, kari menjadi salah satu hidangan yang cukup populer di Jepang.

Hal tersebut ditandi dengan banyaknya resto Curry yang bermunculan, bahkan sampai ke luar jepang, sebut saja Choco Ichibanya.

Perbedaan kari Jepang dan India?

Meski sama-sama disebut kari, ternyata kedua kari ini memiliki perbedaan loh!

Salah satu yang paling mendasar adalah bahan kari Jepang yang jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan kari India. Pasalnya pada kari India, dibutuhkan 25 rempah-rempah seperti cabe, kunyit, jahe, ketumbar, cengkeh, merica, kapulaga, kayu manis, biji jinten, bawang putih, pala, kapulaga, bubuk paprika dan bahan-bahan lainnya.

Sementara menyoal rasa dan tekstur, kari Jepang sedikit lebih kental dan umumnya memiliki rasa pedas manis. Ciri khas kari Jepang adalah rasa hangatnya.

Berbeda dengan kari India, secara tektsur warnanya lebih kuning dan rasanya tidak semanis kari Jepang, namun urusan pedas kari India juaranya.

Perbedaan lainnya terdapat pada cara penyajian, di mana kari Jepang biasa dihidangkan bersama dengan nasi, sedangkan kari India disajikan bersama roti cane atau naan.

Masak kari Jepang ala resto, begini tipsnya

Dari unggahan Chef Arnold sekitar 9 bulan yang lalu, terlihat dengan jelas bahwa cara memasak Kari Jepang tidaklah sulit. Salah satu bahanya yang wajib ada dan tidak boleh hilang adalah ‘Curry Roux’ alias past kari Jepangnya itu sendiri.

Saat ini Curry Roux tersedia hampir di seluruh supermarket atau bahkan toko-toko e-comerce. Jadi pastikan untuk menyediakan item satu ini sebelum ngide masak kari.

Kan gak mungkin masak kari tanpa kari!

Japanese Curry Roux

Sementara itu mengingat kari memiliki rasa yang kompleks dan cenderung gurih, ada baiknya menambahkan sayuran seperti kentang dan wortel sebagai penyeimbang rasa.

Tidak lupa juga bawang bombay! 

Bagi para pecinta protein, jangan lupa tambahkan protein favorit Lo. Namun jika lo pecinta sayuran, tinggal tambahkan sayuran-sayuran kesukaan lo.

Untuk cara memasak, proses pembuatan Kari Jepang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dan bisa masuk kategori cooking for beginer.

Ini cara masaknya

  1. Setelah memotong kentang, wortel dan bawang bombay, jangan lupa geprek dua bawang putih. Kemudian siapkan protein yang sesuai dengan selera dan kantong lo saat itu.

  2. Siapkan pan dan kemudian tuang minyak secukupnya, tunggu sampai api sedikit panas alias medium heat. Tanpa basa-basi, masukan wortel dan kentang. Pasalnya kedua bahan tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama matang jika dibandingkan dengan bawang putih dan bawang bombay.

  3. Masukan protein pilihan lo, pada kesempatan kali ini Chef Arnold memilih menggunakan sosis. Kemudian saute semuanya sampai matang dan barulah masukan bawang bombay serta bawang putih.

  4. Masak terus sampai si sosis Golden brown, kemudian tuanngkan kaldu ayam atau sapi yang ada. Setelah mendidih, lakuan proses reduce sampai air kaldu sedikit berkurang.

  5. Bagi pecinta micin, silahkan menambahkan kaldu jamur sebagai pelengkap rasa. Kemudian tuangkan Japanese Curry Roux dan aduk-aduh terus sampai kuah karinya menjadi semakin kental.

  6. Setelah mengental, tambahkan seasoning sesuai selera dan sajikan dengan nasi putih!

Gimana mudah bukan? Selamat mencoba!

close

Masak Kari Jepang Ala Resto Ternyata Mudah, Ini Tips Anti Gagal!

Search
close