Cara Masak Scramble Egg Ala Restoran Fast Food yang “Lembut” Ternyata Mudah!

Cara Masak Scramble Egg Ala Restoran Fast Food yang "Lembut" Ternyata Mudah!
access_time 8 bulan yang lalu

Identik dengan menu sarapan pagi ala hotel berbintang, ternyata tidak sulit untuk memasaknya

Cara masak scramble egg ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Kuncinya adalah kesabaran dan permainan api kecil.

Selama seminggu ke belakang, scramble egg menjadi menu sarapan wajib gua setiap pagi. Selain tinggi protein dan bergizi, hidangan yang satu ini sangatlah praktis dan efisien.

Meski sering kali terlihat “sulit”, gua sendiri hanya membutuhkan satu kali percobaan untuk bisa memasak scramble egg yang fluffy dan mirip dengan restoran fast food berinisial M. Bahkan bisa dibilang lebih enak.

Berbahan dasar telur, sebelum memasaknya di atas wajan, telur tersebut haruslah dikocok bersama dengan bumbu masak seperti garam, merica dan lada. Buat gua, bumbu rahasia yang wajib ditambahkan adalah tole-tole alias penyedap rasa.

Menariknya, setelah gua telusurui, ternayta ada berbagai cara memasak scramble egg. Bahkan Chef Arnold Poernomo menuturkan bahwa setiap kontingen memiliki gaya atau ciri scramble egg yang berbeda.

Orang Indonesia atau mereka yang tinggal di Asia tenggara umumnya menyukai telur yang kering dan biasa dikenal dengan istilah ‘orak-arik‘. Sementara scramble egg orang Eropa identik dengan penggunaan butter dan memiliki tekstur yang sangat lembut dan hampir menyerupai bubur.

Selain kedua jenis tersebut, ternyata masih ada jenis terakhir yang justru dinilai lebih enak. Pasalnya jenis scramble egg yang satu ini sangat sering ditemukan di berbagai restoran, salah satunya restoran milik Chef Arnold dan juga chain fast food berinisial M.

Bisa dibilang jenis scramble egg ini juga identik dengan berbagai hidangan khas Jepang seperti tamagoyaki dan omurice. Di mata gua, telur yang ini bisa dibilang masuk ke dalam kategori comfort food dan bisa disantap kapanpun. Salah satu unique point-nya adalah teksturnya yang fluffy.

Selain memakannya begitu saja, biasa gua sering memadukan si scramble egg ala Jepang ini dengan potongan roti panggang.

Cara masak scramble egg ala restoran 

1. Siapkan dua butir telur, kemudian pecahkan dan aduk keduanya sampai merata. Nah, di point ini Lo bisa bebas memilih untuk memasukan garam dan merica atau baru di seasoning pas sudah matang.

Siapkan dua butir telur, kemudian pecahkan dan aduk keduanya sampai merata. Nah, di point ini Lo bisa bebas memilih untuk memasukan garam dan merica atau baru di seasoning pas sudah matang.
via Giphy

2. Nyalakan kompor dengan api sedang, kemudian panaskan wajan yang sudah dituangkan sedikit minyak. Em, sekedar saran, gua biasa menggunakan olive oil karena katanya lebih sehat.

Nyalakan kompor dengan api sedang, kemudian panaskan wajan yang sudah dituangkan sedikit minyak. Em, sekedar saran, gua biasa menggunakan olive oil karena katanya lebih sehat.
Goyang-goyangkan wajan biar minyaknya merata, tapi jangan sampai tumpah // via Giphy

3. Tuangkan telur yang sudah dikocok di atas wajan, dan langsung kecilkan apinya. Kemudian gunakan jurus puter-tarik-dorong

*Tips : jika telur cepat menempel, tandanya wajan terlalu panas. Lo bisa mengecilkan api atau menjauhkan wajan dari kompor sembari melakukan jurus wajib di atas.

Cara masak scramble egg ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Kuncinya adalah kesabaran "mengaduk" dan permainan api kecil.
Pastikan untuk selalu mengaduk telur di atas wajan

4. Setelah mendapatkan tekstur yang diinginkan, langsung deh hidangkan bersama nasi hangat atau roti panggang.

*mbok camilin juga ena

Dari pengalaman gua selama hampir sepekan ini, sekali Lo berhasil membuat telur ini, rasanya sulit untuk gagal di pembuatan berikutnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah selalu mengaduk dan jangan sampai wajan terlalu panas. Sebabnya jika wajan terlalu panas, maka akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan tekstur yang lembut.

Ujung-ujungnya bisa jadi kering, dan malah mirip telor orak arik yang ada di nasi goreng.

Sudah mahir, waktunya coba resep berbahan dasar telur lainnya

Setelah mahir membuat scramble egg, mungkin ke depannya Lo dapat mencoba memasak beberapa resep berbahan dasar scramble egg yang lebih next level seperti di bawah ini :

Omurice, hidangan jepang dengan telur yang super lembut seperti kasih sayang mantan!

 

Nah, kalau Lo udah mahir bikin scramble egg yang fluffy tadi. Sekarang waktunya coba ke level yang lebih tinggi. Omu rice sendiri merupakan salah satu hidangan khas Jepang yang terkenal karena topping telur yang begitu lembut dan bisa dipadukan dengan nasi goreng khas negeri Sakura.

Jujur gua belum pernah coba sih, kayaknya skill gua belum sampe level omurice. 

Tamagoyaki alias Japanese Rolled Omellet

Bagi para penggemar sushi atau makanan Jepang, pasti tidak asing dengan hidangan yang satu ini. Berbahan dasar telur, tamagoyaki bisa jadi menu berikutnya yang bisa lo coba masak setelah mahir memasak scramble egg.

Salah satu tips penting adalah tamagoyaki akan lebih mudah dimasak dengan wajan kotak alias wajan khusus.

Selamat mencoba!

Recently trending :

 

close

Cara Masak Scramble Egg Ala Restoran Fast Food yang “Lembut” Ternyata Mudah!

Search
close