Lukisan Langka Van Gogh Laku Terjual Seharga Rp222 Miliar, Kok Bisa?

Lukisan Van Gogh Laku Rp222 Miliar
access_time 4 bulan yang lalu

Sebuah lukisan karya Vincent van Gogh yang langka dan jarang muncul di publik terjual hari Kamis kemarin seharga €16 juta, atau kurang lebih Rp222 miliar.

Sebelumnya, lukisan berjudul ‘Street scene in Montmartre‘ ini sudah menjadi bagian dari koleksi pribadi sebuah keluarga di Prancis. Makanya, selama lebih dari 100 tahun, lukisan ini menghilang dari mata publik.

Sejarah lukisan ‘Scene de rue a Montmartre

Hands hold a painting of a streetscape
Credit: Christophe Ena

Lukisan van Gogh yang gak ‘mainstream‘ ini ia buat pada musim semi tahun 1887, setahun sebelum ia pergi ke Prancis selatan. Dan bisa kita bilang, tiga tahun sebelum pelukis jenius asal Belanda itu diduga meninggal bunuh diri karena kondisi mentalnya saat itu.

Dalam lukisan ini, kita dapat melihat pemandangan orang Paris yang berjalan melewati lanskap pedesaan di Montmartre. Kini, daerah tersebut sudah jadi distrik bersejarah yang juga merupakan tujuan paling populer di kota itu.

Pemandangan kincir angin pedesaan di bawah langit cerah, dengan seorang laki-laki, perempuan, dan gadis kecil mengisi lukisan langka ini. Periode lukisan ini menandakan titik balik dalam karir van Gogh saat ia mulai mengeksplorasi teknik ekspresionis dan penggunaan warna baru di tahun-tahun terakhir hidupnya.

Salah satu Mahakarya Vincent van Gogh

Vincent Van Gogh
Starry Night by Vincent van Gogh

Rumah lelang Mirabaud Mercier, Claudia Mercier dan Fabien Mirabaud, yang menemukan lukisan ini mengatakan:

Saat kami melihat lukisan ini pertama kalinya, kami langsung terpikat,” tuturnya, mengutip CNN.

Kemudian, Lukisan ini terjual lewat pelelangan yang Sotheby adakan di Paris. Direktur Senior Impresionis dan Seni Modern di Sotheby, Etienne Hellman berkata bahwa ini adalah salah satu mahakarya Vincent van Gogh.

Ini adalah lukisan penting dalam era kariernya karena berasal dari masa ia tingal di Paris bersama saudaranya, Theo,” ujarnya, melansir Associated Press.

Scene de rue a Montmartre‘ terjual dua kali lipat dari harga dugaan mereka

People stand in a gallery space displaying Van Gogh self portraits
via The Canadian Press

Awalnya, lukisan bersejarah ini mereka lelang dengan harga €8 juta pada waktu bersamaan dengan pelelangan karya-karya seniman lain.

Ternyata, keindahan dan kelangkaan lukisan karya seniman ‘Starry Night‘ ini membuatnya terjual dua kali lipat dari harga awal oleh pembeli anonim.

Karya ini adalah salah satu dari deretan karya yang menggambarkan ‘Moulin de la Galette’ yang terkenal. Itu adalah sebuah kincir angin di wilayah Montmartre yang kini berfungsi sebagai hall dansa.

Sotheby juga menyatakan bahwa lukisan ini seakan-akan adalah portal menuju Montmartre era abad ke-19. Kita akan merasakan suasana di mana orang Paris berkumpul untuk menikmati waktu dan berdansa.

Baca juga:

close

Lukisan Langka Van Gogh Laku Terjual Seharga Rp222 Miliar, Kok Bisa?

Search
close