Lagi Isoman? Begini Cara Proning Untuk Meningkatkan Saturasi Oksigen!

access_time 3 minggu yang lalu

Pakai cara proning untuk meningkatkan saturasi oksigen

Pasien Covid-19 umumnya akan memiliki risiko penurunan saturasi oksigen. Hal paling fatalnya bagi pasien Covid-19 adalah berujung kematian kalau gak segera ditangani. Tapi masih ada cara lain untuk meningkatkan saturasi oksigen, yaitu cara proning.

Untuk mengurangi risiko kemtian karena penurunan saturasi oksigen atu kadar oksigen dalam darah, rata-rata pasien bakal mencari bantuan berupa tabung oksigen.

Tapi melonjaknya kasus Covid-19 menyebabkan rumah sakit pada berbagai daerah kolaps. Tabung oksigen juga mulai langka untuk pasien Covid-19 dapatkan.

Oleh karena itu, ahli menyarankan untuk belajar melakukan posisi prone atau proning. Posisi ini bisa membantu meningkatkan lagi saturas oksigen dalam tubuh.

Berapa kadar oksigen yang normal?

Kadar oksigen normal berkisar pada 95 sampai 100 persen. Artinya hampir semua sel darah merah mengangkut oksigen dan gak ada hambatan dalam sistem peredaran darah.

Nilai saturasi oksigen yang normal menunjukkan berapa baik fungsi paru, jantung, dan sistem peredaran darah.

Pada beberapa penyakit paru kronis biasanya memiliki kadar yang lebih rendang, yaitu sekitar 90 sampai 94 persen. Contoh penyakit paru kronis adalah asma dan emfisema.

Sementara itu, nilai saturasi di bawah 94 masuk ke dalam kategori hipoksia atau kekurangan oksigen.

Ilustrasi proning

Cara melakukan proning

Dokter Spesialis Paru (Pulmonologi dan Respiratori) di RS Primaya Hospital Karawang, dr Nurhayati SpP(K) membenarkan kalau posisi proning bisa membantu pasien Covid-19 yang mengalami penurunan saturasi oksigen.

“Iya benar (Proning) dapat meningkatkan ventilasi paru, meningkatkan perfusi paru, juga volume akhir ekspirasi dan pemerataan volume tidal,” kata Nurhayati kepada Kompas.

Posisi 1

Posisi pertama adalah tidur dengan posisi terungkap, siapkan terlebih dahulu tiga buah bantal.

Letakkan bantal 1 pada bawah tulang leher. Letakkan bantal 2 pada area panggul, usahakan perut harus cukup bebas. Dan letakkan bantal 3 pada bawah kaki.

Lakukan posisi ini selama 30 menit.

Posisi 2 

Posisi kedua adalah dengan tidur berbaring posisi menyamping ke arah kanan. Siapkan 3 buah bantal.

Bantal pertama pada bawah kepala, bantal kedua pada bawah pinggang, dan bantal ketiga pada antara kaki.

Lakukan posisi ini selama 30 menit. Posisi ini juga bisa menyamping ke arah kiri kalau gak bisa berbaring ke kanan.

Posisi 3

Yang ketiga adalah rebahkan badan dalam posisi setengah duduk dengan menaruh tiga atau lebih bantal. Bantal-bantal ini menjadi sandaran dari punggung hingga posisi duduk agak miring.

Pertahankan posisi ini selama 30 menit.

close

Lagi Isoman? Begini Cara Proning Untuk Meningkatkan Saturasi Oksigen!

Search
close