Kuburan Mengeluarkan “Darah” Viral, Apakah Ini Penyebabnya?

Kuburan Mengeluarkan "Darah,"
access_time 10 bulan yang lalu

Kuburan mengeluarkan “darah segar,” juga mengeluarkan bau amis

Kuburan mengeluarkan “darah” jadi perbincanga jagat maya beberapa waktu lalu.

Insiden ini jadi sorotan netizen sejak dibagikan seorang jurnalis Malaysia, Moh Redzuan Abdul Manap lewat cuitan di akun Twitter-nya pada Minggu (20/9/2020).

Berdasarkan keterangan dalam video tersebut, kuburan “berdarah” tersebut tidak berada di Indonesia, melainkan di sebuah pemakaman umum di negara Malaysia.

Kabarnya, makam tersebut sudah satu bulan mengeluarkan “darah segar” dan bau amis. Hingga kabar ini ditayangkan, belum ada informasi pasti terkait apa cairan merah tersebut sebenarnya.

Baca juga: Perpaduan Kesegaran Dari Rumah ala Dipha Barus

“Kuburan berdarah” adalah makam yang baru berusia tiga minggu

Kuburan tersebut diketahui berlokasi di Tempat Pemakaman Islam Masjid Al Irfan, Derga. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, identitas pemilik makam pun dirahasiakan dari publik.

Imam Masjid Al Irfan, Abdul Hadi Awang, mengatakan kuburan itu milik seorang lansia berusia 70 tahun yang meninggal sekitar tiga minggu lalu.

Mendiang merupakan orang yang baik,” ujar Awang. “Meninggal dunia akibat sakit tua,” imbuhnya.

Menyoal tentang fenomena “kuburan berdarah” yang terlanjur viral, Awang pun meminta agar para warganet berhenti menyebarkan spekulasi yang tak berdasarkan fakta.

Sepanjang hayatnya, mendiang banyak melakukan amal jariah dan kebaikan di masjid ini, saya sedih jika berita yang disebarkan tidak tepat,” katanya.

(Foto: prokal)

Baca juga: Cuaca Ekstrem Bakal Berlangsung Sepekan, BMKG: Waspada Banjir, Longsor Hingga Hujan Es!

Cairan dari saluran drainase?

Awang menduga, cairan yang keluar dari makam tersebut adalah minyak, alih-alih darah.

Menurutnya, minyak tersebut mengalir keluar dari tanah karena pengaruh hujan yang mengguyur wilayah tersebut beberapa waktu belakangan. Teori lain menyebut bahwa cairan tersebut muncul dari saluran drainase yang berada di dekat makam tersebut.

Yang pasti, Awang teleh menyerahkan penyelidikan pada pihak polisi. Kini, sampel tanah kuburan tersebut pun sudah diambil untuk diteliti lebih lanjut.

Pin on Creepy Cartoons

Menurut lo, cairan merah seperti darah di kuburan tersebut apa? Tell us what you think in the comments below!

close

Kuburan Mengeluarkan “Darah” Viral, Apakah Ini Penyebabnya?

Search
close