Kualitas Udara Jakarta Lebaran Tahun Ini Diklaim Terbaik dalam Waktu 5 Tahun Terakhir

Kualitas Udara Jakarta Lebaran Tahun Ini Diklaim Terbaik dalam Waktu 5 Tahun Terakhir
access_time 1 tahun yang lalu

Kualitas udara lebaran tahun ini jadi yang terbaik dalam waktu 5 tahun terakhir, berkat PSBB

Ada kabar baik di lebaran tahun ini. Meski mesti dirayakan tanpa mudik dan kumpul keluarga, ternyata Idul Fitri tahun ini diklaim sebagai lebaran dengan kondisi terbaik selama lima tahun terakhir.

Penemuan tersebut terungkap lewat penemuan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, lewat pantauan di enam titik di Jakarta.

Kualitas udara Lebaran 2020 paling baik dibandingkan Lebaran 5 tahun ke belakang,” ungkap Andono Warih, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (25/5).

Kita Berperan Memperburuk Kualitas Udara

Source: Harian Nasional

Data ini diambil dari pemantauan baku mutu kualitas udara dan kandungan polutan dari partikel debu particulate matter (PM) dengan ukuran 2,5 di semua lokasi pemantauan.

Lokasi pemantauan tersebut pun meliputi Bundaran HI Jakarta Pusat, Kelapa Gading Jakarta Utara, Jagakarsa Jakarta Selatan, Lubang Buaya Jakarta Timur, Kebon Jeruk Jakarta Barat serta tiga unit SPKU mobile.

Berdasarkan pemantauan tersebut, DLH DKI Jakarta menemukan bahwa kualitas udara ketika lebaran menunjukkan penurunan dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

Breathe Season 1 GIF by Showtime (With images) | Giphy, Showtime ...

Source: Giphy

Secara keseluruhan rata-rata PM 2,5 sebelum dan saat Idul Fitri memenuhi baku mutu PM2,5 (<65 ug/m3).

Dalam pernyataannya, Andono juga mengakui penerapan PSBB punya andil besar terhadap perubahan positif ini. Pasalnya sumber utama CO (karbon monoksida) dari sektor transportasi sudah berkurang sejak diterapkannya PSBB.

Tak heran, konsentrasi CO menjelang dan saat Idul Fitri 2020 pun menunjukkan angka yang relatif kecil. Salah satu bukti kualitas udara yang membaik adalah langit biru yang bisa terlihat di kawasan ibu kota.

Clear Sky in Jakarta | After raining from yesterday and a bi… | Flickr

Source: Flickr

So, dengan udara Jakarta yang makin bersih, setuju nggak lo dengan keputusan pemerintah untuk memperpanjang PSBB? Yuk diskusiin di kolom komen!

close

Kualitas Udara Jakarta Lebaran Tahun Ini Diklaim Terbaik dalam Waktu 5 Tahun Terakhir

Search
close