Kota Batman Ada di Dunia Nyata, Ini Sejarahnya!

access_time 8 bulan yang lalu

Nama superhero Batman pasti sudah tidak asing lagi buat para penggemar film DC. Tapi, sesuka-sukanya Lo sama superhero tersebut, siapa sangka ada yang menggunakannya jadi nama kota.

Dikutip dari Kumparan, ternyata di Turki ada sebuah kota yang menggunakan nama Batman. Apakah warganya sangat mengidolakan superhero itu?

Kota Batman dan Sejarahnya

batman jadi nama kota
via The Guardian

Dikutip dari Amusing Planet, kota ini terletak di Turki bagian tenggara di wilayah Anatolia. Kota ini berada di pinggir sungai dan dihuni lebih dari 300 ribu jiwa.

Uniknya, nama Batman tidak hanya digunakan sebagai nama kota, melainkan sungai yang mengitari wilayah tersebut. Yes, sungai itu juga bernama Sungai Batman dan Sungai Tigris.

Fun fact, kota itu dulunya adalah sebuah desa bernama Iluh. Namun pada tahun 1926 silam, desa ini tenggelam karena Sungai Batman meluap seketika.

Nah, karena kejadian tenggelamnya desa Iluh itu, sejak tahun 1990 silam nama ini telah ditetapkan sebagai Ibu kota dari Provinsi Batman. Mereka berubah nama karena memang wilayahnya dilintasi nama sungai yang sama.

Nama Ini Bikin Ribut Banyak Orang

batman jadi nama kota
via Kumparan (dok. Google Maps)

Entah siapa yang menggunakan nama superhero ini terlebih dahulu, tapi nama ini sempat jadi rebutan. Wali kota Batman, Huseyin Kalkan pernah menuntut Warner Bros karena menggunakan nama kotanya tanpa persetujuan lebih dulu.

Tapi, tuntutan sang Wali Kota tidak pernah dikabulkan karena ia tidak mengetahui kalau nama superhero ini sendiri sebenarnya sudah digunakan untuk DC Comics sejak 1939. Artinya, nama superhero ini sebenarnya sudah digunakan sebelum diresmikan menjadi nama kota.

_

Gimana menurut Lo? Siapa yang pernah pergi ke kota ini?

close

Kota Batman Ada di Dunia Nyata, Ini Sejarahnya!

Search
close