Kenapa Video Musik Kendrick Lamar – Element Begitu Keren

access_time 3 minggu yang lalu

Video musik ELEMENT. milik Kendrick Lamar adalah bukti kualitasnya sebagai seniman

Kendrick Lamar telah merilis 4 studio album hingga kini.

Sejak merilis album pertamanya pada tahun 2012 rapper tersebut terus menghadirkan materi segar di setiap rilisan. Album teranyarnya, “DAMN.” yang dirilis pada bulan April 2017 pun bukan pengecualian.

Ia berhasil memenangkan penghargaan Grammy. Bahkan DAMN. membawa nama Kendrick sebagai rapper pertama yang mendapatkan penghargaan Pulitzer.

Meski begitu, lo nggak perlu menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk memahami kualitas Kendrick sebagai seniman. Lo cuma perlu waktu 3 menit 33 detik; dengan menonton music video Kendrick Lamar – ELEMENT.

Baca juga: Sore Hadirkan Bonus Track dalam Album Kompilasi Digital “Sorealist”

Realita versi  Kendrick Lamar

Mengacu pada lirik yang ia tulis, ELEMENT. jadi penuturan jujur dari Kendrick tentang perjalanan hidupnya yang lekat dengan kekerasan.

Sebagai penulis lirik, ia mengevaluasi elemen tersebut dari semua arah; dari kekerasan yang ia rasakan, yang ia lakukan, yang ia saksikan serta yang ia simpan dalam ingatan.

Untuk menyajikan memori tersebut dalam bentuk visual, Kendrick bekerja sama dengan fotografer sekaligus sutradara Jonas Lindstroem.

Film pendek Lindstroem yang berjudul “Truth or Dare” pun jadi referensi kuat buat video musik ELEMENT. Film tersebut, menurut Lindstroem, adalah “versi peningkatan dari konten yang biasa ditemukan di ponsel.”

Hal inilah yang membuat video musik tersebut terlihat seperti montase fotografi. Video musik ini dirancang supaya mereka yang menonton bisa mengintip memori Kendrick Lamar; tentang apa yang harus ia lalui sebagai warga kulit hitam di Amerika.

Untuk alasan yang sama, Kendrick pun menyematkan rangkaian karya fotografi dari Gordon Parks.

Baca juga: Donald Trump Akan Kembali ke Media Sosial dengan Platform Buatan Sendiri

Gordon Parks

Gordon Roger Alexander Buchanan Parks adalah seniman dengan rentang karya yang panjang; dari musisi, penulis hingga sutradara film.

Namun namanya dihormati di kalangan seniman sebagai seorang jurnalis foto.

Berkat karya jurnalistiknya yang ia abadikan dari tahun 1940-an hingga 1970-an, Gordon punya andil besar dalam dokumentasi kehidupan warga Afrika Amerika dan isu hak sipil.

Namun bersama Kendrick, karya Gordon menjangkau audiens yang lebih luas; dan hanya dengan durasi 3 menit 33 detik, mereka yang menonton video klip ELEMENT bisa menyaksikan realita, lewat mata Kendrick Lamar.

close

Kenapa Video Musik Kendrick Lamar – Element Begitu Keren

Search
close