Keindahan Desa Tetebatu yang Menjadi Kandidat Lomba Desa Wisata Terbaik Dunia

access_time 1 bulan yang lalu

Desa Tetebatu mewakili Indonesia dalam ajang lomba desa wisata terbaik

Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, mewakili Indonesia dalam ajang Desa Wisata Terbaik. Lomba ini diselenggarakan oleh Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kemenparekraf memastikan ada tiga desa wisata yang menjadi kandidat untuk lomba pada UNWTO ini. Salah satunya dari Yogyakarta dan satu lagi dari Nusa Tenggara Timur.

“Pemerintah provinsi mengapresiasi upaya yang dilakukan Kabupaten Lombok Timur yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk nominasi lomba ini. Gubernur NTB dan Bupati Lombok Timur mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas atensi dan keputusan Kemenparekraf pada 19 Agustus, menetapkan desa wisata Tetebatu sebagai peserta lomba UNWTO. Terima kasih atas dukungan Mas Menteri Parekraf, semoga Tetebatu juara,” ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi.

Keindahan Desa Tetebatu yang Menjadi Kandidat Lomba Desa Wisata Terbaik Dunia
Desa Tetebatu

Enam keunggulan yang menjadi daya tarik

Menurut mantan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, ada enam keunggulan yang menjadi daya tarik wisata pada Desa Tetebatu. Seperti warisan budaya, wisata alam air terjun yang ada lebih dari tiga titik, bumi perkemahan, wisata ramah lingkungan, rute lintasan sepeda gunung.

Untuk mendukung desa Tetebatu ke ajang lomba, nantinya bakal ada pengelola desa wisata yang mendukung secara teknis dan non-teknis. Pemahaman non-teknis dapat berupa pengelolaan desa wisata, sedangkan teknisnya berupa penataan kawasan dan pendampingan oleh semua pihak.

Keindahan Desa Tetebatu yang Menjadi Kandidat Lomba Desa Wisata Terbaik Dunia

Potensi Desa Tetebatu

Desa wisata ini menjadi salah satu tempat buat menikmati keindahan pemandangan pada kaki selatan Gunung Rinjani.

Selain itu, desa ini juga memiliki pesona keindahan panorama pegunungan dan persawahan. Kontur tanahnya seperti anak tangga yang membentuk persawahan subur.

Desa ini menjadi surga buat para fotografer yang ingin mengambil keindahan pemandangan matahari terbit yang sangat menawan. Apalagi pemandangan senjanya yang gak kalah menawan.

Selain itu, ada juga air terjun seperti Air terjun Ulem-ulem, Air terjun Burung Walet, Air Terjun Kokok Duren, Air Terjun Seme Deye dan Air terjun Jeruk Manis.

close

Keindahan Desa Tetebatu yang Menjadi Kandidat Lomba Desa Wisata Terbaik Dunia

Search
close