Kata Kemenkes : Harga Swab Test Mandiri Maksimal 900 Ribu!

Kata Kemenkes : Harga Swab Mandiri Maksimal 900 Ribu!
access_time 2 bulan yang lalu

Batas tarif tertinggi untuk swab test sudah diputuskan di angka IDR.900.000,-

Kementrian Kesehatan akhirnya menyetujui dan menetapkan batas tarif tertinggi yang harus dibayarkan untuk melakukan pengujian PCR atau swab test mandiri. Keputusan tersebut diumumkan dalam konferensi pers di kanal YouTube Kementrian Kesehatan pada Jumat, 2 Oktober 2020.

Tim kemenkes dan BPKN menyetujui batas tertinggi swab yang bisa kami pertanggungjawabkan kepada masyarakat yaitu IDR.900 ribu,” begitu tutur Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan , Prof. Dr. H. Abdul Kadir, PHD, Sp.THT-KL (K), MARS.

Suntuk di rumah aja? Nih coba playlist INI

Pengaturan harga swab diharapkan bisa mengakomodir minat masyarakat untuk melakukan testing mandiri

via Universitas Gadjah Mada || Batas tarif tertinggi untuk swab test sudah diputuskan di angka IDR.900.000,-

Tarif IDR. 900 ribu sebagai acuan, dalam perhitungan batas tertinggi, dihitung komponen yang terdiri atas jasa SDM, jasa pelayanan dokter, ekstraksi, pengambilan sampel.

Ditegaskan lebih lanjut olehnya, bahwa harga acuan maksimal ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin melakukan tes mandiri, bukan kontak tracing. Tes swab ditanggung pemerintah jika telah mendapat rujukan dari rumah sakit atau ditemukan dari penelusuran kontak (contact tracing).

Meski demikian, tidak sedikit pula masyarakat yang juga ingin melakukan pemeriksaan swab test mandiri dengan alasan tertentu. Sebelum ditetapkan batas tarif, harga swab test mandiri bisa berpuluh-puluh kali lipat jika dibandingkan harga rapid test. Umumnya berkirsar antaran IDR 1,5 juta sampai dengan IDR 4 juta, tergantung waktu tunggu hasil tes yang didapatkan.

Alasan lain diberlakukannya batas tarif swab adalah instruksi presiden untuk bisa meningkatkan testing dikalangan masyarakat. Mengingat saat ini peminat tes mandiri sebenarnya sudah cukup tinggi, namun terkadang harga bervariatif menjadi penghalang. Karena itu banyak juga kalangan yang mendorong pemerintah untuk bisa menetapkan harga acuan.

Source : Detik.com

Bosan dengan gaya hidup yang itu-itu saja? Coba gaya hidup INI

Wah iya, ada tuh yang charge IDR 3,5 juta buat dapetin hasil dalam sehari. Semoga berlaku secepatnya tarif maksimal ini!

 

close

Kata Kemenkes : Harga Swab Test Mandiri Maksimal 900 Ribu!

Search
close