Justice League Snyder Cut Hadirkan Format Layar yang Berbeda, Ini Alasannya!

access_time 4 bulan yang lalu

Para pecinta DC, pasti sangat senang ketika Justice League Snyder Cut telah dirilis di HBO Max. Penantian panjang selama tiga tahun akhirnya terbayarkan dengan film berdurasi kurang lebih tiga jam itu.

Namun, beberapa penonton mengaku kurang nyaman saat menontonnya karena format layar yang berbeda. Kira-kira, kenapa berbeda ya?

Justice League Snyder Cut Pakai Aspek Rasio 4:3

Justice League Snyder Cut
DC Comics

Beberapa tahun terakhir, mungkin mata kita sudah terbiasa dengan film yang tampilan layanya melebar atau menggunakan aspek rasio 16:9. Uniknya, Justice League Snyder Cut tidak menerapkan itu pada film yang baru dirilisnya.

Diketahui mereka menggunakan aspek rasio 4:3, sehingga tampilan layar sedikit menjadi seperti kotak. Gara-gara tampilan layar yang seperti ini, sejumlah penonton mengatakan kurang nyaman ketika menyaksikannya.

Meski begitu, penggunaan aspek rasio yang berbeda ini pun bukan karena kesalahan teknis atau tanpa alasan. Pada awal film dimulai pun juga udah muncul semacam disclaimer “Film ini ditayangkan dalam format 4:3 untuk menjaga integritas visi kreatif milik Zack Snyder”.

Baca juga:

Justice League Snyder Cut:
The New York Times

Ketika saya mengadakan pertemuan pertama dengan Snyder tentang Justice League, dia telah menyebutkan pilihan aspek rasio 4:3 dan dia bakal melakukan sesuatu dalam aspek rasio tersebut. Aspek rasio 4:3 adalah format yang telah digunakan selama beberapa dekade dulu, sekitar era 1950-an dan 1960-an, lalu format layar melebar pun hadir.” kata Fabian Wagner, sinematografer Snyder Cut dikutip dari Cinema Blend.

Pada intinya, penggunaan aspek rasio 4:3 ini sendiri dibuat sebagai pembeda di antara rentetan film lainnya yang menggunakan aspek rasio 16:9. Ide ini menjadikan film tersebut ikonik di mata para penonton.

Keuntungan Aspek Rasio 4:3

Justice League Snyder Cut
PosterBurner

Lagi pula, pemilihan aspek rasio 4:3 oleh Snyder Cut juga tidak bisa dibilang salah. Nyatanya ada sejumlah keuntungan dengan aspek rasio yang digunakan, terutama untuk visualisasi di layar bioskop.

Dengan aspek rasio 4:3, sebuah film akan terlihat sangat bagus di layar IMAX. Selain itu, pada aspek rasio ini kita sebagai penonton bisa menangkap pemandangan dalam layar lebih banyak dan bisa diterima mata.

_

Siapa yang udah nonton Justice League Snyder Cut? Apakah Lo nyaman menonton dengan aspek rasio 4:3?

close

Justice League Snyder Cut Hadirkan Format Layar yang Berbeda, Ini Alasannya!

Search
close