Jeff Bezos Undur Diri dari CEO Amazon

access_time 3 minggu yang lalu

Pendiri Amazon, Jeff Bezos baru-baru ini mengumumkan bahwaia telah mengundurkan diri dari jabatan CEO. Nantinya posisi ini akan diisi oleh Andy Jassy, CEO dari anak perusahaan Amazon Web Service.

Sudah 27 tahun Bezos menduduki jabatan CEO Amazon. Kira-kira, apa alasannya mengundurkan diri?

Jeff Bezos Mengudurkan Diri dari CEO Amazon

Jeff Bezos
via NBC San Diego

Sejak tahun 1995, Jeff Bezos telah menjabat sebagai CEO Amazon. Saat itu perusahaannya masih berjualan buku dan dikembangkan sampai sekarang sudah jadi platform retail dan logistik.

Bahkan bersama Amazon, nama Bezos berhasil menempati posisi puncak orang paling kaya di dunia. Namun, tahun ini ia memutuskan untuk mundur dari jabatan tersebut.

Meski mundur, ia akan tetap di dalam perusahaan Amazon karena ia akan menempati posisi Ketua Eksekutif Dewan. Maka dari itu ia nantinya akan tetap terlibat dalam proyek-proyek penting Amazon.

Kabarnya ia juga akan lebih banyak fokus untuk Bezos Earth Fund, Blue Origin, The Washington Post, dan Amazon Day 1 Fund. Artinya, ia akan lebih fokus pada inisiatif baru yang akan dikembangkan oleh Amazon kedepannya.

Rencana Bezos Setelah Tidak Menjadi CEO

Jeff Bezos
via CNN Business

Rupanya, Jeff Bezos sudah menyiapkan sejumlah rencana setelah dirinya tak lagi menjabat sebagai orang dengan jabatan paling tinggi di Amazon. Ada banyak ambisi yang ingin ia laksanakan untuk petualangan barunya kali ini.

Mulai dari Day 1 Fund, ia akan mendanai organisasi nirlaba untuk membantu keluarga tunawisma dan membuat jaringan pra-sekolah tingkat satu di komunitas berpenghasilan rendah.

Kemudian di Blue Origin, ia akan membuat akses ke luar angkasa dengan biaya yang lebih murah dengan kendaraan yang dapat digunakan kembali. Selain itu, ia sedang mempersiapkan misi pertama pendaratan di Blue Moon.

Untuk Bezos Earth Fund, ia akan memberikan dana sebesar USD 10 miliar untuk mendanai ilmuwan, aktivis, dan kelompok lain yang berjuang melindungi lingkungan.

Dan untuk The Washington Post, ia sudah membeli surat kabar tersebut sejak 2013 silam dan akan membuatnya menjadi pemain yang kuat di industri media online.

_

Wah, sepertinya Bezos akan lebih berkoar nih setelah gak jadi CEO. Gimana tanggapan Lo?

close

Jeff Bezos Undur Diri dari CEO Amazon

Search
close