Jangan Cari Kata Kunci Ini di Google, Data Diri Lo Bisa Dilacak Kepolisian!

access_time 3 minggu yang lalu

Google sudah menjadi alat paling mudah untuk Lo mencari sesuatu. Tapi siapa sangka, jangan cari kata kunci yang dilarang di Google.

Kabarnya, jika Lo mencari kata kunci terlarang ini, data diri Lo bakal diserahkan ke kepolisian. Kenapa begitu ya?

Jangan Cari Kata Kunci Ini di Google

jangan cari kata kunci ini di google
via Unsplash

Dikutip dari HAI Online, ada sebuah dokumen di pengadilan yang tidak disegel dan mengungkapkan hal yang tidak disangka banyak orang.

Kabarnya, Google telah memberikan informasi kepada kepolisian karena pencarian kata kunci yang dilakukan oleh penggunanya. Jadi kalau Lo mencari kata kunci tertentu, Google tidak segan mengirimnkan data Internet Protocol (IP) Lo ke polisi.

Ternyata kata yang dilarang itu adalah pencarian kata kunci yang relevan pada sebuah kasus. Pencarian ini rupanya sangat berbahaya kalau Lo tidak ada sangkut pautnya dengan sebuah kasus yang sedang diselidiki pihak kepolisian.

Proses Polisi Meminta Data ke Google

jangan cari kata kunci ini di google
via New York Times

Dimulai ketika polisi sedang menyelidiki sebuah kasus, biasanya polisi akan memeriksa tersangka lebih dahulu. Langkah selanjutnya, polisi bakal kirim surat perintah ke Google untuk memberikan data siapa saja yang relevan dengan kasus tersebut, berdasarkan kata kunci yang dicari orang.

Kalau Lo iseng mencari kata kunci yang relevan pada sebuah kasus, siap-siap data IP Lo bakal diserahkan ke polisi. Akan sangat berbahaya ketika Lo tiba-tiba dijadika suspect hanya karena mengetik kata kunci di Google.

Sudah Terjadi

jangan cari kata kunci ini di google
via WALB

Rupanya hal tersebut sudah terjadi pada kasus pembakaran dengan tersangka Michael Williams, salah satu mantan humas R. Kelly. Ia menjadi tersangka karena terdapat bukti keyword warrant yang sempat dilakukannya.

‘Keyword Warrant’ sendiri merupakan kata kunci yang mirip dan relevan pada sebuah kasus. Makanya polisi langsung meminta datanya dari Google untuk dilakukan wawancara oleh agen federal.

Google Dikecam Banyak Orang

google
via Google

Banyak orang yang menganggap tindakan tersebut terlalu berlebihan dan melanggar hak privasi seseorang dalam melakukan pencarian di Google.

Melihat banjirnya kecaman pada perusahaan mereka, pihak Google pun angkat bicara. Mereka bilang akan mengimbangi privasi pengguna internet dengan kewajiban mereka kepada polisi di bawah hukum.

_

Wah, jadi serem nih kalo mau search sesuatu di Google. Hati-hati guys, jangan asal search di Google ya!

Gimana tanggapan Lo?

close

Jangan Cari Kata Kunci Ini di Google, Data Diri Lo Bisa Dilacak Kepolisian!

Search
close