Jakarta Terangi 10 Spot Kota Dengan Warna Bendera Palestina Untuk Solidaritas

access_time 5 bulan yang lalu

Pemprov DKI Jakarta terangi sejumlah spot dengan warna bendera Palestina sebagai bentuk solidaritas

Baru-baru ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerangi sejumlah kawasan dengan warna lampu hijau dan merah. Tepatnya pada jembatan penyebrangan dan jalan utama kota sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina.

Hingga kini, konflik Israel – Palestina semakin yang memanas telah menjatuhkan ratusan korban karena meningkatnya serangan pada Jalur Gaza.

Menurut Hari Nugroho, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga DKI Jakarta, mengatakan pemasangan warna lampur ini datang langsung dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Wujud Solidaritas, Pemprov DKI Jakarta Nyalakan Lampu JPO Bernuansa Bendera Palestina-0
Via Sindonews
Baca juga: Jalur Gaza Tampak Kabur Pada Peta Digital, Kenapa?

Dukungan Anies untuk Palestina

Hari mendapat instruksi untuk mengatur lampu sebagai pesan solidaritas. “Saya diinstruksikan oleh gubernur untuk mengatur [lampu] warna bendera Palestina sebagai pesan solidaritas kepada rakyat Palestina.” kata Hari.

Selain itu, Anies juga ingin meningkatkan kesadaran publik soal konflik antara Israel-Palestina saat ini, “Dan untuk meningkatkan kesadaran kepada publik mengenai konflik yang dihadapi oleh rakyat Palestina,” tambahnya.

Sejak Senin malam, setidaknya ada delapan jembatan penyebrangan yang menyala dengan warna bendera Palestina. Hijau, putih, hitam, dan merah yang terletak pada Bundaran Senayan, Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno, Jalan Dr. Sumarno, Jelambar, Daan Mogot, Senen, dan Pasar Minggu.

Sebelumnya, Anies juga menunjukkan dukungannya dengan menggunakan sorban berwarna bendera Indonesia dan Palestina pada lehernya pas Idul Fitri yang lalu.

“Saudara-saudari kita, anak-anak kita di Palestina, mereka bersujud kepada Tuhan dalam suasana tegang. Mereka melewati Ramadhan dalam situasi di mana saudara mereka meninggal, korban kekerasan,” kata Anies saat itu.

Penerangan lampu sebagai bentuk solidaritas ini bukan pertama kalinya ibu kota lakukan. Sebelumnya Pemerintah Provinsi Jakarta pernah memberikan penghormatan kepada para korban penembakan Masjid Christchurch pada Maret 2019. Dengan menerangi titik-titik dalam warna bendera selandia baru.

Israeli-Palestinian Conflict | Global Conflict Tracker
Via Global Conflict Traker
Baca juga: Amazon Bakal Beli MGM Studio, Bisa Makin Bersaing!

Kondisi Israel-Palestina

Kondisi yang terjadi hingga saat ini, sudah lebih dari seminggu sejak kekerasan meningkat pada Jalur Gaza menewaskan 219 warga Palestin. Termasuk 63 anak-anak teas dan lebih dari 1500 lainnya terluka.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa serangan udara Israel sudah menghancurkan lebih dari 450 bangunan – termasuk menara yang menampung beberapa outlet berita internasional, sekolah, bangunan tempat tinggal. Sehingga lebih dari 50.000 warga Palestina yang tinggal pada daerah itu harus mengungsi.

Di Israel, 12 orang termasuk dua orang anak tewas dalam serangan roket yang kelompok Palestina Luncurkan. Sementara 300 lainnya luka-luka.

Upaya diplomatik antara keduanya pada Gaza untuk gencatan senjata sejauh ini hanya menghasilkan sedikit kemajuan.

close

Jakarta Terangi 10 Spot Kota Dengan Warna Bendera Palestina Untuk Solidaritas

Search
close