Hari Kebangkitan Nasional, Momentum Bangkit dari Pandemi

Hari Kebangkitan Nasional
access_time 1 bulan yang lalu

Setiap tanggal 20 Mei, warga Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Adapun peringatan ini bertepatan dengan tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo, yaitu 20 Mei 1908.

Pada 2021 ini, tema peringatan 113 tahun Harkitnas adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!“. Tentu tema ini menjadi relevan mengingat kondisi bangsa ini yang masih harus berjuang melawan pandemi.

Hari Kebangkitan Nasional 2021: “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”

Tema yang diangkat tahun ini pun tentunya membawa semangat untuk seluruh warga Indonesia. Besar harapan pada Hari Kebangkitan Nasional kali ini, kita dapat menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong untuk memulihkan bangsa dari pandemi.

Presiden RI, Joko Widodo juga turut memberikan pernyataan terkait Hari Kebangkitan Nasional melalui unggahannya di Instagram. Ia berharap semangat Boedi Oetomo dapat memenangkan kita dari pandemi.

Lebih setahun dunia dicengkeram pandemi global Covid-19, lebih setahun pula Indonesia berjuang membendung segala dampaknya. Hari ini dengan semangat Budi Utomo, kita bergotong royong untuk bangkit dan menang melawan pandemi, dan bersama-sama melangkah menuju Indonesia maju,” tulis Jokowi dalam akun Instagram-nya.

Bukti Nyata Bangkit di Tengah Momen Pandemi

Hari Kebangkitan Nasional

Pandemi bukanlah waktu untuk sebuah kemunduran, namun justru harus menjadi momentum untuk menciptakan sebuah kemajuan. Buktinya, laman resmi Ristek BRIN telah mencatat ada 50 produk riset atas inovasi yang lahir dari karya anak bangsa.

Beberapa inovasi ini pun lahir di tengah situasi pandemi dan turut membantu memberikan bantuan kesehatan. Seperti alat tes Covid-19, robot perawat kesehatan, air purifier, dan berbagai hal lain yang terkait pandemi ini.

Read more:

Hal ini pun membuktikan bahwa situasi pandemi tidak melulu membuat semuanya terpuruk. Ada hal positif yang dapat diambil dari pandemi, terutama di peringatan Harkitnas ini.

Semangat yang dibubuhkan ke dalam tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!” diharapkan dapat membakar semangat warga Indonesia untuk terus berinovasi.

_

Selamat Hari Kebangkitan Nasional!

close

Hari Kebangkitan Nasional, Momentum Bangkit dari Pandemi

Search
close