Isoman, Warga Kebumen Pasang Bendera Merah Putih Sebagai Penanda

Isoman, Warga Kebumen Pasang Bendera Merah Putih Sebagai Penanda
access_time 3 minggu yang lalu

Isoman, warga Desa Jeruk Agung, Kecamatan Klirong, Kebumen, Jawa Tengah, mempunyai cara unik tersendiri untuk memberitahu sesama.

Mereka yang sedang isoman alias isolasi mandiri kompak memasang bendera Merah Putih di halaman rumah. Adapun gesture itu merupakan cara mereka memberitahukan bahwa ada keluarganya yang terpapar Covid-19.

Bendera Merah Putih, penanda mereka yang isoman

Seperti dilansir Kompas.com, Kepala Kepolisian Resor Kebumen AKBP Piter Yanottama mengatakan, banyak dari warga Desa Jeruk Agung yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Untuk itu, pemerintah mengambil langkah untukĀ  bisa menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro.

Isoman, Warga Kebumen Pasang Bendera Merah Putih Sebagai Penanda
via Instagram @polreskebumen

Sebagai tanda, Bendera Merah Putih dipasang menggunakan tiang bambu, tepat di depat rumah para warga yang sedang menjalankan isolasi mandiri.

Informasi yang kami dapatkan dari Polsek Kilrong, warga yang sedang menjalani isoman memang memasang bendera. Selain sebagai tanda bahwa sedang isoman, juga sebagai semangat nasionalisme dan bela NKRI. Kompak putus penyebaran Covid-19,” pungkas Kapolres dalam rilisnya, Rabu (7 Juni).

Sesama warga diminta peduli dan bukan mengucilkan

Dengan pemasangan itu, dirinya berharap para warga justru akan lebih peduli terhadap tetangga yang sedang menjalani isoman. Bentuk kepedulian tersebut dapat berupa berbagi makanan, memberi semangat dan tidak mengucilkan mereka yang positif Covid-19.

Sementara itu di sisi lain, warga diharapkan menjadi lebih waspada dengan tanda tersebut karena mengethaui ada warga yang sedang isoman dengan menjaga jarak serta memperketat prokes di lingkungan tersebut.

Kami juga mengimbau kepada warga yang menjalani isolasi mandiri untuk tidak bepergian, tetap di rumah hingga dinyatakan negatif,” lanjutnya.

Sebuah ide yang bagus!

close

Isoman, Warga Kebumen Pasang Bendera Merah Putih Sebagai Penanda

Search
close