iPhone 12 Mini ‘Kurang Laku’, Apa yang Apple Lakukan?

iPhone 12 mini
access_time 4 minggu yang lalu

iPhone 12 Mini punya performa yang kurang bagus di luar ekspektasi Apple dari segi penjualannya. Baru-baru ini sebuah laporan menyatakan kalau perusahaan ini bakal mengurangi rencana produksi ponselnya itu.

Melansir NDTV, perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di Cupertino ini mengurangi sekitar 20 persen pesanan untuk semua model iPhone. Tentunya, sebagian besar untuk iPhone 12 Mini.

Hanya iPhone 12 Mini yang ‘flop’ dalam serinya

iPhone 12 Mini with the series
via GSMArena

Ponsel lainnya dalam seri iPhone 12 punya kinerja yang cukup baik dari segi penjualan. Bahkan, kabarnya penjualan iPhone 12 sudah mengungguli penjualan model terdahulunya, iPhone 11. Sebuah laporan dari Nikkei menyatakan kalau Apple kini menargetkan produksi 75 juta unit iPhone, lebih rendah dari rencana awalnya sebanyak 80 sampai 90 unit. Alasan Apple mengurangi produksi sebelum pertengahan tahun ini adalah angka penjualan yang ‘mengecewakan’.

Kabar tentang kurang bersinarnya ponsel ‘Mini’ ini sudah beredar sejak paruh pertama Januari 2021. Menurut data penjualan Amerika Serikat dari Counterpoint Research, penjualan hp kecil ini hanya mencakup 5 persen dari seluruh varian iPhone 12 .

Orang lebih suka HP yang lebih besar

Bigger And Better
via Giphy

Mengutip CNBC, iPhone 12 Mini tidak terjual sesuai target karena konsumen lebih memilih device iPhone 12 yang lebih besar, bahkan banyak juga yang lebih memilih untuk membeli iPhone 11 yang terdahulu. Hal ini menandakan bahwa smartphone ukuran kecil kurang diminati. Konsumen kini beralih ke smartphone yang ukurannya lebih besar karena layarnya yang lebih lapang.

iPhone Mini pada dasarnya hanya versi lebih kecil dari iPhone 12 dengan keawetan baterai lebih buruk. Meski menarik bagi orang dengan tangan yang lebih kecl, kebanyakan konsumen lebih memilih mengeluarkan ekstra US$100 untuk iPhone 12, yang baterainya lebih baik dan layar lebih besar,” tulis CNBC, dikutip detikINET.

Produksi berhenti, bukan berarti penjualan berhenti

 iPhone 12 mini hands-on
via GSMArena

Kabarnya, Apple telah meminta beberapa suppliers-nya untuk memberhentikan proses pembuatan komponen iPhone cilik ini. Karena permintaannya yang lemah, rantai suplai mungkin akan menghentikan produksinya di kuartal II 2021. Tapi, bukan berarti smartphone ini berhenti dijual.

Berhentinya produksi lebih disebabkan oleh stoknya yang Apple anggap sudah ‘cukup memadai’ sehingga tidak perlu produksi lagi. Bagaimanapun, ada kabar simpang siur yang menyatakan kalau Apple bakal bikin iPhone 13 mini atau iPhone 12s minipada lineup-nya tahun ini.

Baca juga:

close

iPhone 12 Mini ‘Kurang Laku’, Apa yang Apple Lakukan?

Search
close