Netflix Bakal Larang Password Sharing, Apa Alasannya?

Netflix Login Page
access_time 6 bulan yang lalu

Password sharing atau berbagi password dari satu akun yang sama untuk beberapa orang sekarang ini udah jadi ‘budaya’ para pengguna layanan streaming Netflix. Dalam hal ini, Netflix lagi menjajal fitur baru yang bisa mendeteksi pengguna yang pakai akun orang lain untuk log-in.

GammaWire mencatat kalau ada beberapa pengguna yang lagi mencoba masuk dengan akun milik orang lain terhenti oleh tulisan pada layarnya, “Jika Anda tidak tinggal bersama pemilik akun ini. Anda harus memiliki akun sendiri untuk lanjut menonton.”

Netflix Tests cracking down on password sharing
Image via GammaWire

Alasan Netflix gak perbolehkan lagi password sharing

Menurut The Hollywood Reporter, Netflix udah mengonfirmasi adanya fitur baru ini. “Tes ini deibuat untuk memastikan orang yang menggunakan akun Netflix memiliki izin untuk itu.” kata seorang sumber kepada THR.

Sepertiga dari pengguna yang berlangganan layanan streaming itu membagikan password-nya dengan orang di luar rumahnya. Magid udah melakukan survei tentang hal ini.

Netflix password sharing
via Pexels

Tadinya, gak ada upaya apapun dari Netflix untuk menghentikan orang-orang yang berbagi password. Awal tahun 2021 Netflix mengumumkan kalau total pengguna dari seluruh dunia udah mencapai lebih dari 200 juta. Sayangnya, fitur ‘anti pembajakan’ ini sepertinya ada sebagai respon perusahaan ini untuk bersaing sama layanan streaming baru lain. Apalagi, baru-baru ini ada Disney+, HBO Max, Peacock, Paramount+, dll.

Padahal, dulunya ini pandangan Netflix tentang budaya ‘bagi password

Netflix CEO Reed Hastings
via Getty Images

CEO Netflix, Reed Hastings bilang pada tahun 2016:

Kamu harus biasa dengan password sharing, karena sah-sah saja. Seperti berbagi dengan pasangan, anak-anak.. tidak ada batasan jelas, dan kami baik-baik saja.” ujar Hastings.

Walaupun begitu, keputusan ini gak bisa disalahin juga sih. Platform ini pastinya perlu bayar jutaan dolar (mungkin lebih) per-tahunnya untuk konten originalnya maupun acara lama. Untuk bisa dapet profit, perusahaan media kayak gini harus naikin jumlah pelanggan berbayar secara signifikan.

Kira-kira, kapan ya ini bakal berlaku buat Indonesia? Siap-siap aja deh kalian yang masih ‘numpang’ akun mantannya! 🤭

Baca juga:

close

Netflix Bakal Larang Password Sharing, Apa Alasannya?

Search
close