Internet Explorer akan ‘Dimatikan’ Microsoft Tahun Depan

Internet Explorer akan Dimatikan Microsoft Tahun Depan
access_time 1 tahun yang lalu

Selamat tinggal Internet Explorer

Masih inget dengan Internet Explorer? Dirilis pertama kali pada tahun 1995, kini Microsoft berencana untuk ‘membunuh’ web browser tersebut.

Microsoft akan menghentikan dukungan Internet Explorer di layanan online Microsoft 365 mulai tahun depan, tepatnya pada 17 Agustus 2021.

Dengan dihilangkannya dukungan pada layanan Microsoft 365, pengguna Outlook, OneDrive, atau Office 365, tidak akan lagi dapat menggunakan Internet Explorer 11 lagi di layanan online tersebut.

Meski begitu web browser tersebut tidak akan berhenti sepenuhnya.

Internet Explorer akan tetap ada di sistem operasi Windows 10. Microsoft belum mengumumkan kapan pihaknya akan menghentikan dukungan IE 11 di Windows 10.

Internet Explorer (source: Giphy)
Internet Explorer (source: Giphy)
Baca juga: Pemerintah Habiskan Rp 90,45 M untuk Influencer, Anggaran Tertinggi untuk Aktivitas Digital

Microsoft akan hadirkan layanan web browser baru pengganti Internet Explorer?

Kuat diduga, penghentian layanan Internet Explorer tersebut dilakukan sebagai langah transisi Microsoft menuju browser versi terbarunya, Edge.

Perlu juga diperhatikan bahwa Edge baru memiliki mode kompatibilitas Internet Explorer 11 yang akan membantu melakukan transisi. Bukan hanya tentang Internet Explorer, Microsoft juga mengumumkan akan menghentikan versi lama Edge, versi pra-Chromium.

Dilansir dari laman blognya, setelah 9 Maret 2021, Edge lama tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan. Pada saat itu, sebagian besar pengguna sudah berada di Edge baru, tetapi tetap perlu diperhatikan jika pengguna adalah tipe orang yang berusaha keras untuk menghindari pembaruan.

Internet Explorer (source: Giphy)
Internet Explorer (source: Giphy)

Internet Explorer tak lagi berjaya

Sebelum direncanakan untuk pensiun, Internet Explorer sempat berjaya. Pada rentang tahun 2002 hingga 2003, Internet Explorer bahkan menguasai 95% dari keseluruhan penggunaan browser.

Namun kini, Internet Explorer sudah kalah saing. Berdasarkan polling yang dilakukan dari detik dari 352 pembaca, pengguna Internet Explorer hanya 3,98%.

Berikut ini detail lengkap hasil polling browser berdasarkan urutan dari yang paling banyak dipakai pembaca.

  1. Google Chrome (60,51%)
  2. Mozilla Firefox (20,45%)
  3. Microsoft Edge (7,67%)
  4. Internet Explorer (3,98%)
  5. Safari (3,69%)
  6. Opera (1,99%)
  7. Lainnya (UC Browser, Vivaldi, Chromium, dll) (1,70%).

View this post on Instagram

Susan, you're on mute.

A post shared by Microsoft (@microsoft) on

Apa web browser yang paling sering lo pake? Google Chrome? Safari? Atau Internet Explorer? Tell us in the comments below!

close

Internet Explorer akan ‘Dimatikan’ Microsoft Tahun Depan

Search
close