Ada Hujan Cokelat Turun, Kok Bisa?

Hujan Cokelat Turun di Swiss, Ini Penyebabnya
access_time 12 bulan yang lalu

Warga di kota Olten dibuat bingung dengan adanya hujan bubuk cokelat

Benua Eropa dikenal karena banyak hal, salah satunya karena makanan. Negara Belgia dan Swiss bahkan dikenal di seluruh dunia dengan kelezatan hidangan cokelatnya.

Yang unik, cokelat-cokelat tersebut ternyata nggak cuma muncul sebagai makanan, tapi juga sebagai hujan!

Peristiwa hujan cokelat tersebut terjadi di sebuah kota di barat laut Swiss, yakni Olten. Dilansir dari standard.co.uk, penduduk kota yang dikenal sebagai kawasan industri tersebut mendapati adanya hujan bubuk cokelat selama beberapa hari belakangan.

Hujan cokelat di atap mobil di Swiss (foto @Olten/Twitter)
Hujan cokelat di atap mobil di Swiss (foto @Olten/Twitter)
Baca juga: Travis Scott akan Buat Album Penuh Bersama Kid Cudi

Penyebab hujan cokelat di Swiss

Hujan cokelat di kota Olten tersebut ternyata terjadi adanya kesalahan di sebuah pabrik cokelat yang dimiliki Lindt & Sprungli di kota tersebut.

Sistem ventilasi pendingin pada alat pemanggangan kakao di pabrik tersebut rusak dan menyebabkan Bubuk Cokelat tertiup ke udara luar.

Bubuk cokelat tersebut pun menyebar di area kota dan permukiman warga karena adanya angin kencang yang bertiup di daerah itu sejak Jumat pagi (14/8/2020).

Olten di Swiss (foto: Shutterstock)
Olten di Swiss (foto: Shutterstock)

Pabrik coklat yang tidak disebutkan namanya itu juga telah berusaha keras untuk memperbaiki masalah ventilasi dan diklaim bubuk tersebut tidak berbahaya bagi manusia atau lingkungan.

Perusahaan dilaporkan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut dan kembali mengoperasikan pabrik. Selain itu, mereka juga menyatakan bersedia untuk membiayai pembersihan mobil penduduk yang diselimuti serbuk cokelat.

Kasus yang terjadi di Swiss terbilang ringan dibandingkan banjir cokelat yang pernah terjadi di Westoennen, Wirl, Jerman, pada 2018. Permasalahannya akibat malfungsi tangki cokelat.

Chocolate silo disaster at Dreimaster. - 9GAG

Karena malfungsi tersebut, isi tangki meluap dari pabrik cokelat DreiMeister hingga melimpas ke jalan saat musim Natal. Tak pelak cokelat cair dan lengket membeku menutupi permukaan jalan.

Meski terlihat menyenangkan, tapi hal itu menambah pekerjaan bagi pemadam kebakaran setempat. Hampir 25 petugas menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan jalan dari cokelat yang membeku menggunakan sekop, air panas, dan obor.

Apa yang bakal lo lakukan kalo hujan cokelat ini terjadi di Indonesia? Lo berani nyicipin bubuk cokelatnya nggak? Tell us in the comments below!

close

Ada Hujan Cokelat Turun, Kok Bisa?

Search
close