Ini 4 Kue Kering Lebaran Khas Indonesia, Mana Favorit Lo?

Kue kering lebaran khas Indonesia
access_time 5 bulan yang lalu

Selamat Idul Fitri! Lagi lebaran gini, udah gak puasa lagi, udah makan kue kering lebaran apa aja?

Kuliner Idul Fitri biasanya identik dengan kue lebaran. Tapi, enggak melulu soal nastar, kastengel, dan putri salju. Kali ini, kita bakal bahas kue khas Indonesia (lainnya) yang bisa Lo temuin di hari lebaran.

Yuk, simak empat kue kering khas Nusantara buat bikin hari Idul Fitri Lo makin asik! Mana yang jadi favorit Lo?

Lidah Kucing: Kue kering lebaran belum lengkap tanpa ini

Kue kering khas lebaran Indonesia, Lidah Kucing
via Shutterstock

Nah, ini nih favorit Gue. Kalo udah makan ini, bisa se-toples sendiri!

Kue Lidah kucing adalah kue yang bentuknya (well,) kayak lidah kucing, alias tipis, panjang, berterkstur agak kasar. Rasanya yang super manis, gurih, dan wangi dari butter bikin nagih banget buat gigitan selanjutnya.

Kue ini origin-nya dari masa kolonialisasi Belanda di Indonesia. Walau gitu, lidah kucing udah jadi salah satu kue kering lebaran yang ‘Indonesia Banget’.

Kue Biji Ketapang: khas Betawi

Kue kering lebaran: Kue Biji Ketapang
via tokowahab blog

Tanaman ketapang biasanya tumbuh di sekitar pesisir Jakarta. Etss, tapi ini bukan biji ketapang beneran, ya. Bentuknya aja yang mirip.

Kue biji ketapang ini jadi kue kering lebaran khas Betawi yang rasanya gurih dan agak manis. Teksturnya yang renyah juga bikin orang gak berhenti ngunyah. Mau di hari Idul Fitri ataupun hari biasa, kue ini temenan baik sama secangkir teh.

Keciput: Bentuknya kayak onde-onde mini

Kue Keciput yang renyah
via YouTube/yuniarlokitchen

Jangan ketuker sama onde-onde! Kue Keciput ini bentukannya kecil dan lebih renyah. Biasanya, kue kering asal Jepara, Jawa tengah ini berbahan telur, margarin, tepung, dan tentunya wijen.

Wangi wijennya yang harum, teksturnya yang ‘kriuk’ cocok banget buat Lo jadiin kudapan lebaran. Kunyah terus, sambil ngobrol-ngobrol santai bareng keluarga!

Yang digoyang, Kue Kembang Goyang!

Kue kering lebaran, kembang goyang
via kreasimasakan

Selain kue biji ketapang, kue kering khas Betawi ada juga yang namanya Kue Kembang Goyang. Apa sih yang digoyang-goyang?

Ternyata, cara bikinnya unik. Cetakan besi berbentuk kembang kita celupkan ke adonan. Terus, adonan yang udah siap digoyang-goyangkan sampai kembang goyangnya lepas dari cetakan. Kembang goyang yang renyah siap jadi snack yang nagih!

Mana yang ada di rumah Lo? Tapi, jangan lupa juga untuk siapkan toples kue kering supaya camilannya lebih enak dilihat. 

Baca juga:

close

Ini 4 Kue Kering Lebaran Khas Indonesia, Mana Favorit Lo?

Search
close