HUT RI Saat Pandemi, Warga Indonesia Gelar Lomba 17-an Virtual?

access_time 12 bulan yang lalu

Menahan atmosfer 17-an di kala pandemi, warga diminta rayakan secara virtual.

Sudah memasuki bulan Agustus, sebentar lagi warga Indonesia akan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-75.

Tapi tahun ini perayaannya akan cukup berbeda dari biasanya, karena ada pandemi virus corona ini. Situasi pandemi yang belum kunjung reda pun membuat masyarakat harus bisa beradaptasi dengan keadaan.

Baca juga: Hari Kemerdekaan 17 Agustus Tahun Ini Bakal Dirayakan Secara Virtual?

Padahal, biasanya perayaan HUT RI ini disemarakan warga dengan momentum 17-an. Acara ini selalu identik dengan aktivitas lomba di ruang publik.

Lalu, bagaimana ya caranya merayakan 17-an saat pandemi seperti ini?

Lomba 17-an Virtual

via Suara.com

Dengan angka kasus virus corona yang masih naik turun, menyebabkan aktivitas lomba 17-an menjadi tidak sebebas dan semenyenangkan biasanya.

Bahkan menanggapi kondisi ini, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin sudah mengimbau warga untuk menggelar lomba 17-an secara online atau virtual. Tentu tidak ada lagi alasan lain untuk meminimalisir dan memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

via IDN Times

Bisa lomba-lomba secara virtual, misal dengan lomba membaca puisi atau cerpen, tapi semua dilakukan secara virtual,” kata Arifin dikutip dari Hai Online.

Baca juga: IDLES Rilis Video Musik yang Disutradarai Michel Gondry

Dengan begitu, mungkin untuk perayaan 17-an kali ini tidak ada dulu lomba tarik tambang, makan kerupuk, bakiak, bahkan panjat tebing yang membutuhkan banyak orang.

Animo Hilang Sementara, Daripada Nyawa Hilang Selamanya

via Medcom

Melihat kondisi ini juga, banyak perlombaan seru yang jadi hilang untuk perayaan HUT RI di tahun 2020 ini. Segala kegiatan masyarakat yang menciptakan kerumunan lebih baik harus dihindari dulu untuk sementara waktu.

Memang atmosfer semangat kemerdekaan mungkin jadi tidak terasa sementara, namun itu lebih baik daripada kita harus kehilangan nyawa selamanya hanya karena tertular virus corona.

Baca juga: Xbox Series X Bakal Dirilis Microsoft November Mendatang!

Kegiatan atau aktivitas warga yang berpotensi terjadi penularan sebaiknya ditiadakan,” lanjut Arifin.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta sedang mengkaji persiapan perayaan HUT RI ke-75 besok Senin, 17 Agustus 2020. Mereka akan mengkategorikan kegiatan apa saja yang nantinya bisa dilaksanakan.

_

Cukup sedih ya melihat situasi ini. Dimana seharusnya kita bisa merayakan dengan penuh semangat, harus ditunda sementara demi kebaikan bersama.

Gimana persiapan 17-an lo?


close

HUT RI Saat Pandemi, Warga Indonesia Gelar Lomba 17-an Virtual?

Search
close