Hari Kemerdekaan 17 Agustus Tahun Ini Bakal Dirayakan Secara Virtual?

Source: mpingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) menyapa tamu saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018). Peringatan HUT RI tahun ini mengangkat tema Kerja Kita Prestasi Bangsa, ditandai dengan upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih serta penampilan sejumlah pertunjukan seni dan budaya dari penjuru Indonesia. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Pesan Jokowi di HUT Ke-73 Republik Indonesia", https://nasional.kompas.com/read/2018/08/17/14255161/ini-pesan-jokowi-di-hut-ke-73-republik-indonesia. Penulis : Fabian Januarius Kuwado Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan)
access_time 1 tahun yang lalu

Meski bakal berlangsung secara virtual, perayaan kemerdekaan 17 Agustus tahun ini dijanjikan akan tetap meriah

Tahun ini, gelaran hari kemerdekaan 17 Agustus tahun ini mungkin akan berlangsung berbeda. Hal ini diungkapkan oleh Wishnutama selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ia menegaskan bahwa pembatasan peserta upacara bukan berarti menghalangi keinginan masyarakat mengikuti perayaan HUT RI. Partisipasi masyarakat bisa dilakukan melalui virtual.

View this post on Instagram

Perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di tengah pandemi tentunya akan berbeda. Hari ini bersama Mensesneg Pak Pratikno, Kasetpres pak @herubudihartono dan Sesmen Setneg pak Setya Utama telah menyampaikan bagaimana Hari Kemerdekaan tahun ini akan dilaksanakan sesuai #AdaptasiKebiasaanBaru. Berdasarkan arahan Bapak Presiden Joko Widodo, perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI akan digelar secara sederhana dan terbatas guna menghindari keriuhan masyarakat. Namun lagu Indonesia Raya tetap akan dikumandangkan bersama semua masyarakat serentak pada tanggal 17 Agustus 2020 di seluruh pelosok tanah air, sehingga seluruh masyarakat Indonesia bisa memaknai Hari Kemerdekaan dimanapun berada. . Walaupun perayaan dan upacara Kemerdekaan ke 75 tahun kali ini akan berbeda dari sebelumnya, bukan berarti akan mengurangi makna dari kemerdekaan dan kreatifitas dalam penyelenggaraannya. . Dengan segala keterbatas mari kita rayakan Hari Kemerdekaan dengan tetap semangat untuk saling menjaga, tetap bersatu, gotong royong, optimis dan bangkit dari pandemi ini. #ThoughtfulIndonesia #BersamaJagaIndonesia

A post shared by wishnutama (@wishnutama) on

Meski terbatas, tidak akan menghambat untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan. Karena masyarakat akan dilibatkan untuk berkreativitas dan berinovasi agar tetap membangkitkan semangat,” kata Menparekraf saat Live Konferensi Virtual bersama Mensesneg Pratikno, di Jakarta, Senin (6/7/2020).

Menparekraf menjelaskan, Perayaan HUT ke-75 RI akan penuh dengan kreativitas yang ditayangkan di televisi dan virtual.

Pemerintah akan gelar lomba untuk meriahkan hari 17 Agustus

Meski Indonesia Raya dikumandangkan secara virtual, upacara pengibaran bendera kabarnya akan tetap diadakan, meski berlangsung secara terbatas.

Perlu diketahui pula, pemerintah juga tidak akan merekrut anggota baru Paskibraka tahun ini. Alih-alih, tim pengibaran bendera tahun ini akan menggunakan tim Paskibraka tahun lalu.

Panjat Pinang GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Source: Giphy

Setelah peringatan upacara 17 Agustus berlangsung, sejumlah acara perayaan lainnya akan tetap dilaksanakan. Acara- acara tersebut digelar untuk menunjukan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar, bersatu, dan penuh solidaritas. Hal ini dilakukan denganĀ mengadakan perlombaan di kampung-kampung dan desa.

Mereka dapat menunjukkan keindahan, keasrian lingkungan,” tutur Wishnutama. “Lomba akan dinilai oleh juri. Karena keterbatasan, semua penjurian dan perlombaan dilakukan melalui video. Juri menilai dan ada tim verifikasi.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan bisa tetap khidmat mengikuti HUT ke-75 RI.

Masyarakat dapat mengikuti perayaan dengan hikmat, meriah, semangat dan jauh lebih baik dibanding sebelumnya,” tutur Menparekraf.

close

Hari Kemerdekaan 17 Agustus Tahun Ini Bakal Dirayakan Secara Virtual?

Search
close