close

🧕4 Tips Pilih Hijab yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

hijab
By Firdha Firdha
access_time 2 bulan yang lalu Comments

Di bulan yang suci ini, banyak sekali para wanita yang sedang berburu hijab. Baik memilih dari modelnya maupun bahannya yang disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, apakah kalian tahu kalau sebenarnya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli benda yang juga kerap disebut jilbab itu. 

Salah satunya adalah memilih hijab sesuai dengan bentuk wajah. Hal ini sangatlah penting, agar tampilan menjadi lebih menarik. Kini, USSFeed akan membahas mengenai tips untuk memilih jilbab yang cocok dengan bentuk wajah. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini, ya. 

Tips Memilih Hijab untuk Wajah Persegi 

hijab
Sumber: https://hijab.dream.co.id/

Pertama-tama, artikel akan membahas untuk wajah persegi terlebih dulu. Bagi yang belum tahu, wajah persegi mempunyai garis rahang dan dahi yang lebarnya sama. Sehingga bentuk wajah terlihat lebih tegas. Nah, kalau kalian mempunyai muka dengan bentuk ini, disarankan memilih hijab dengan bahan katun. Namun, bahannya harus sedikit kaku. Hal tersebut digunakan untuk menyamarkan kontur dagu dan pipi. Nantinya, akan memberikan efek yang lebih tirus untuk wajah kalian. Hindari jilbab dengan bahan spandek, karena bisa menahan kontur pipi. Sehingga wajah menjadi lebih ‘maju’ dan terlihat lebih tembem. 

Sedangkan untuk modelnya, kalian dapat menambahkan ciput pada bagian dalam jilbab. Ini supaya ciput bisa menutupi sebagian dari dahi. Pilihan lainnya, bisa menggunakan hijab model undercaps, lalu pilih bagian atasnya lebih tebal dengan menarik garis kerudung pada bagian pipi. Perlu diingat juga, untuk wajah dengan bentuk persegi hindari jilbab dengan model turban dan lilitan yang terlalu ketat pada bagian leher. Kemudian, hindari juga memilih hijab dengan warna terang. Sebaiknya gunakan hijab yang polos dengan warna-warna yang kalem. 

Jilbab untuk Wajah Lonjong 

hijab
Sumber: https://lockerproject.org/

Selanjutnya akan membahas kerudung untuk yang berwajah lonjong. Untuk kalian yang memiliki muka dengan bentuk ini, marilah untuk berbangga hati. Dikarenakan wajah lonjong cocok untuk menggunakan hijab dengan model dan bahan apapun, lho. Namun, biasanya para pemilik wajah satu ini khawatir apabila mukanya terlihat menjadi lebih panjang. Nah, untuk menghindari itu semua, kalian dapat mengakalinya dengan menggunakan hijab berbahan tebal. Tujuannya supaya wajah tampak lebih berisi. Seperti bahan satin atau silk

Sementara untuk modelnya, akan lebih baik menggunakan jilbab model Turki. Di mana hanya membutuhkan hijab segi empat dan ciputnya dipasang menutupi sebagian dahi. Lalu, hindari menata bagian atas jilbab hingga membentuk sisi yang terlalu lancip. Alasannya karena bisa membuat wajah semakin lonjong. Kemudian untuk motif, disarankan memilih motif abstrak yang besar, sehingga dapat memberi kesan penuh pada wajah. 

Untuk Kalian yang Berwajah Bulat 

hijab
Sumber: https://yesonline.id/

Bagi kalian yang mempunyai wajah bulat, jangan berkecil hati. Karena ada berbagai bahan dan model yang cocok untuk wajah kalian. Untuk model, kalian dapat menggunakan hijab standar dan tetap memakai yang namanya undercaps. Lalu, pada bagian pipi agak dimajukan sedikit untuk menghilangkan efek chubby. Bisa juga gaya standar tadi kedua sisi jilbabnya diikat ke belakang leher. Hindari gaya dengan banyak lilitan yang mengitari kepala. 

Sementara untuk bahan, pilihlah jilbab yang mempunyai bahan ringan. Contohnya seperti sifon atau ceruti. Ini karena hijab dengan dua bahan tersebut sangat kaku dan licin, sehingga bisa membingkai wajah serta menyamarkan pipi yang tembem. 

Punya Wajah Bentuk Hati? Ini Hijab yang Cocok 

hijab
Sumber: https://womantalk.com/

Selain tiga di atas, ada juga wajah dengan bentuk hati. Wajah yang juga disebut dengan heart-shaped face ini mempunyai ciri-ciri dagu yang lancip dan lebar pada bagian dahi. Nah, untuk muka ini cocok memakai model hijab yang agak longgar pada bagian bawah. Contohnya seperti menggunakan pashmina yang dililitkan di sekitar kepala tanpa memakai peniti. 

Bisa juga dengan membiarkan bagian bawah hijab menjuntai di depan dada. Tujuan pemakaian jilbab seperti ini untuk membuat bagian bawah wajah terlihat lebih kecil. Atau menggunakan hijab praktis seperti bergo ataupun model gipsi. Namun, dengan catatan, bagian leher dan telinga harus tertutup dengan sempurna. 

Untuk bahannya, pemilik wajah dengan bentuk ini bisa menggunakan spandek yang jatuh. Ini supaya bisa memberikan kesan lebih lembut pada dagu yang runcing. Hindari menggunakan model hijab yang layering. Pasalnya, dapat membuat wajah kalian semakin tenggelam. 

Itulah beberapa model dan bahan hijab untuk berbagai bentuk wajah. Ternyata, bahan yang digunakan sangat berpengaruh pada bentuk wajah kita. Jadi, mulai saat ini, perhatikan bahannya sesuai dengan bentuk muka kalian. Namun, untuk kenyamanan, tergantung pada masing-masing orang. Bagaimana, kalian ingin memilih sesuai dengan bentuk wajah atau kenyamanan nih? 

 

close

🧕4 Tips Pilih Hijab yang Sesuai dengan Bentuk Wajah