Hari Kartini: Waktunya Kita Para Perempuan untuk Rayakan dan Apresiasi Diri!

Hari Kartini: Waktunya Kita Para Perempuan untuk Rayakan dan Apresiasi Diri!
access_time 8 bulan yang lalu

Zaman kita kecil, kita biasa rayain Hari Kartini dengan ‘dress-up’ pakai kebaya, pasang sanggul, dan keliling komplek. Sekarang, waktunya kita — para Kartini muda — buat step-up dalam merayakan hari emansipasi ini jadi lebih bermakna.

Sebagai perempuan, setiap hari kita terus berjuang di dunia penuh patriarki. Perjuangan ini jadi bukti makna emansipasi yang R.A. Kartini bawa sejak dulu terus kita tanamkan sampai sekarang. Bahkan karena ini, gak jarang ada perempuan yang sukses di karir ‘men-dominated’. 

Makanya, ini adalah hari yang tepat buat mengapresiasi segala perjuangan yang udah Lo lakuin. Entah itu kerja nine-to-five 24/7, atau sekedar ‘mendidik’ diri untuk jadi lebih baik setiap harinya dengan cara apapun.

Self-care: Salah satu cara apresiasi diri di Hari Kartini

Rayakan Hari Kartini dengan apresiasi diri lewat self care
via Primo GIF

Salah satu cara untuk rayain Hari Kartini ini adalah dengan take a break dari apapun yang bikin Lo hectic, ambil napas sejenak. You’re a bad*ss. You’ve done great.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, ‘Kenapa sih? Emangnya penting banget self-care segala? Jangan kasih kendor, dong!’ Yaa, bukan bermaksud mau kasih kendor. Tapi yang namanya self-care itu bisa bikin pikiran lebih rileks, dan yang paling penting, ‘be present in the moment’. Supaya gak overwhelmed sama kerjaan sehari-hari.

Dari hal-hal kecil kayak bikin mini-spa di rumah, nonton film-film yang encouraging, sampai meditasi kayak lagi bertapa, bisa banget jadi kegiatan Lo buat ngisi hari perayaan ini.

Mini-spa di rumah bikin super rileks, apalagi ditambah meditasi!

rayakan Hari Kartini dengan self care
via Pinterest

Abis capek-capek kejar deadline, mini-spa bisa Lo jadiin tanda terima kasih buat badan yang udah nemenin non-stop ini. Pertama-tama, nyalain aromaterapi favorit, boleh lilin aromaterapi, atau oil diffuser dkk. buat naikin mood.

Lalu, pakai scrub buat hilangin segala kotoran dan bad vibes dari kulit. Pilih aroma yang paling bikin Lo rileks, rasain butiran-butiran scrubnya, tunda pikiran-pikiran negatif untuk saat itu. Dan jangan lupa, pasang masker kesayangan di muka!

Lebih rileks lagi, kalau Lo berendam pakai air hangat yang ngebuka pori-pori, kulit jadi makin halus. Terakhir, pakai lotion ataupun body butter buat ngunci kelembapan di kulit. Terus, biar suasana Hari Kartini-nya makin berasa, setel film dengan women-lead yang menginspirasi. So relaxing!

Nah, kayaknya self-care gak lengkap kalau belum ada meditasi. Cukup 15-30 menit aja, meditasi bisa bikin pikiran Lo lebih lega (asal lakuin dengan serius, ya!). Buat ngelakuin ini, Lo bisa langsung cek video di bawah!

Atau, bisa juga cek video ini buat guided meditation lainnya.

Kalau udah selesai rileks-rileks dan nge-reset pikiran di Hari Kartini ini, Lo bisa lanjut lakuin apapun kerjaannya dengan lebih mindful dan semangat.

Selamat mencoba! 🥰

Baca juga:

close

Hari Kartini: Waktunya Kita Para Perempuan untuk Rayakan dan Apresiasi Diri!

Search
close