GTA 5 Map Dalam Bentuk 3D Printing, Bikinnya 400 Jam Lebih!

GTA 5 Map Dalam Bentuk 3D Printing, Bikinnya 400 Jam Lebih!
access_time 2 bulan yang lalu

Grand Theft Auto 5 adalah gim dengan map yang paling besar di antara seri GTA lainnya. Bayangkan, kalau peta yang bentuk 2D-nya saja sudah se-detail itu, muncul dalam bentuk model 3D yang nyata!

Seorang product designer Dom Riccobone menghabiskan lebih dari 400 jam untuk menjadikan hal tersebut kenyataan. Dengan alat 3D printingcustom design software, dan alat lainnya, ia membuat bentuk fisik dari peta GTA terbesar itu.

Bentuk Fifik GTA 5 Map yang Super Kompleks

Pengembang game Grand Theft Auto (GTA) Rockstar Games terkenal dengan dunia terbukanya nya yang sangat detail, termasuk map GTA 5.

Juli lalu, seorang penggemar seri Red Dead Redemption dari Rockstar Games menggabungkan petanya untuk membandingkan skala di antara keduanya.

Melansir Kotaku, si pembuat peta GTA 5 3D Riccobene mengaku kalau proyek RDR2 sangatlah membantu prosesnya dalam membuat wujud fisik dunia yang kompleks itu. Ia menggunakan rancangan khusus untuk memindai karakter fisik RDR2 sebelum memindahkannya ke pembuatan GTA 5.

Dengan ratusan juta koordinat di game-nya yang harus ia pindahkan ke dunia nyata, ia mulai merakit peta dengan printer 3D. Alhasil, jadilah 3D map yang detil dan skala yang akurat.

Butuh waktu lebih dari 400 jam

GTA 5 Map Dalam Bentuk 3D Printing, Bikinnya 400 Jam Lebih!
Dom Riccobene

Dom Riccobene adalah seorang product designer yang biasa menggunakan data dunia nyata untuk membuat ulang lokasi sungguhan sebagai “data sculptures“. Karena pandemi, ia tak bisa melanjutkan pekerjaannya itu.

Maka dari itu, untuk mengisi waktu luangnya, ia menjadikan dunia virtual GTA 5 dan Red Dead Redemption 2 sebagai inspirasinya. Tujuannya, untuk membuat dataset resolusi tinggi dari kedua dunia tersebut, kemudian mewujudkannya dalam bentuk fisik 3D.

Ia menyebut proses itu sebagai “tantangan teknis yang luar biasa.

Lewat videonya di Twitter, ia butuh lebih dari 125 jam untuk mencetak peta 3D GTA 5 itu. Tapi, ia memperkirakan total waktu yang ia pakai untuk mengerjakan seluruh proyeknya, termasuk mencetak, mengambil data, membangun ketinggian, dan menyempurnakan lebih dari 400 jam.

Proyek pandemi yang super keren!

Baca juga:

close

GTA 5 Map Dalam Bentuk 3D Printing, Bikinnya 400 Jam Lebih!

Search
close