Google Meet Akan Dibatasi Hanya 1 Jam per Hari?

Google Meet
access_time 12 bulan yang lalu

Google Meet tidak lagi bisa dinikmati sepuasnya, hanya 1 jam per hari.

Sejak pandemi virus corona hadir, layanan video call Google Meet jadi incaran banyak orang karena durasinya yang tidak terbatas. Namun, nantinya layanan tersebut sudah tidak bisa seperti dulu lagi.

Kabarnya Google akan membatasi layanan video call premium yang mereka berikan jadi hanya 1 jam per hari. Apa alasannya ya?

Google Meet Dibatasi 1 Jam per Hari

Google Meet
via Unsplash

Google sempat menggratiskan layanan premium Google Meet sejak Maret 2020 lalu. Durasi video call sampai 24 jam dalam sehari tentunya menarik perhatian banyak orang yang work from home untuk menggunakannya.

Tapi, layanan tersebut rupanya akan berakhir pada 30 September 2020 mendatang. Mulai 1 Oktober 2020 mendatang, Google Meet hanya bisa digunakan 1 jam per hari dan pertisipannya dibatasi hanya 100 orang.

Kalau Lo butuh durasi yang lebih panjang, Lo harus mendaftarkan diri ke layanan G Suite Essential. Layanan ini nantinya akan dikenakan biaya sebesar USD 8 atau setara Rp 118.000 per bulan.

Kalau sudah daftar ke G Suite Essential, Lo bisa dapat akses video call menggunakan Google Meet sampai 300 jam dan partisipan sebanyak 300 orang.

Alternatif Aplikasi Video Call

video conference
via iStock

Jangan khawatir, masih ada beberapa aplikasi alternatif yang bisa Lo gunakan untuk meeting online tanpa batasan waktu. Lo bisa pakai WhatsApp, UMeetMe, dan Microsoft Teams.

WhatsApp

WhatsApp
via WhatsApp

Aplikasi WhatsApp mungkin lebih terkenal dengan layanan chattingnya. Namun aplikasi ini juga memungkinkan Lo untuk melakukan meeting online dengan durasi yang lebih lama.

Dengan maksimal partisipan 50 orang, fitur video call WhatsApp sudah terintegrasi dengan fitur Messenger Rooms. Jadi Lo bisa meeting online layaknya menggunakan Zoom atau Google Meet.

UMeetMe

UMeetMe
via UMeetMe

Mungkin layanan video call ini jarang terdengar, tapi UMeetMe ternyata juga bisa digunakan secara gratis tanpa ada batasan waktu. Layanan milik Telkom Indonesia ini juga menghadirkan fitur share screensharin YouTube link, sampai mampu mengatur kualitas video.

Makimal partisipan UMeetMe memadai sampai 50 orang dan aplikasinya sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Microsoft Teams

Microsoft Teams
via MSPowerUser

Microsoft Teams juga tidak memberlakukan batasan waktu saat video call. Bahkan aplikasi ini mampu menampung 250 partisipan.

Microsoft Teams juga menyediakan fitur seperti share screen sampai memburamkan latar belakang. Namun layanan ini belum bisa melakukan rekaman rapat dan panggilan telepon.

_

Nah, walaupun Google Meet cuma bisa dipakai 1 jam per hari, Lo masih bisa pakai aplikasi alternatif lainnya.

Gimana tanggapan Lo?

close

Google Meet Akan Dibatasi Hanya 1 Jam per Hari?

Search
close